24 March 2015

Bagi mereka...mungkin hidup ini sangat murah


Ya... kalimat itu aku ungkapkan ketika hari ini...beberapa jam yang lalu...siang ini... kampus goncang. Bukan karena badai, topan, ataupun gempa yang biasa terjadi. Tapi, karena ada "incident" lagi... yang mungkin bagi orang Indonesia hal yang tidak lumrah bahkan dianggap aneh tapi di sini, negara ini, tidak aneh dan sudah biasa.

Membunuh diri sendiri. (lebih halus dari suicide dalam bahasa indonesia)

Sudah dua kali selama aku di Taiwan, aku tahu ada usaha ini terjadi dan berhasil. Sukses membunuh diri sendiri dengan terjun dari atas gedung.

Innalillahi....

Entah apa yang orang itu pikirkan hingga dia berniat untuk melakukannya.

Kejadian pertama membuatku merenung "ada apa" sehingga kejadian kedua membuatku "yasudah memang begitu". Ada apa ini yang akan aku bahas.

Agama ...

menjadi peran penting seseorang dalam menjalani hidup. Agama apapun mengajarkan kepada umatnya bahwa hidup itu harus dijalani dengan baik dan tidak boleh membunuh diri sendiri. Karena pada dasarnya semua agama dari Allah dan Allah yang menentukan semua sebab dan akibat sebuah perjalanan hidup manusia. Terutama ketika Islam hadir dan telah dituliskan dalam Al-Qur'an dengan sangat jelas. Neraka lah hukuman bagi orang yang membunuh diri sendiri.

Di Indonesia sendiri... merupakan sebuah negara yang berasaskan Pancasila Sila 1...KeTuhanan Yang Maha Esa... membuat masyarakatnya paham benar arti ber-Tuhan. Walaupun mungkin ada yang agama KTP. Tapi secara tidak sadar, iman ada dalam diri mereka. Sehingga efeknya ketika ada masalah, Tuhan yang menjadi tujuan. Mungkin ada beberapa kejadian yang membuat mereka mengakhiri nyawa tapi biasanya hanya orang yang sakit mental yang seperti itu.

Sedangkan kondisi negara seperti Jepang, Korea, Taiwan, dan China... mereka agama hanya punya saja. Bahkan banyak yang tidak punya agama. Bisa dibuktikan dengan banyaknya orang yang menulis agamanya "No" ketika kami mengadakan seminar di kampus. Pernyataan salah seorang teman lab ku juga begitu. Saat menikah mereka di gereja karena ikut-ikut saja adat barat, bukan karena agama. Dari sisi budaya juga mereka lebih percaya reinkarnasi. Gampang sih yaa kalau ada masalah berat, meninggal aja, biar tar direinkarnasi jadi orang yang lebih baik. 

Hal ini lah yang mungkin menyebabkan mereka kehilangan arah dan tujuan hidup. Ketika ada masalah, tidak tahu harus menghamba kemana dan bercerita ke siapa, jika tidak ada orang yang dipercaya. 

Lingkungan sosial ...

juga sangat mempengaruhi. Lingkungannya baik, maka orangnya akan baik. Lingkungan jelek, maka orangnya akan jelek. Itu sudah tidak perlu dibuktikan lagi kebenarannya. Itulah mengapa kita sebagai umat Muslim diharapkan untuk berteman dengan orang yang baik pula dan suka mengingatkan kepada Allah.

Bingungnya adalah ketika dia orang yang pendiam dan tidak percaya siapapun. Bercerita pun tak bisa bahkan kepada orang tua nya sekalipun. Jika dia adalah orang yang beragama, aku yakin tujuannya adalah kepada Tuhan. Tapi, jika tidak... dia tidak tahu harus berbicara kepada siapa sehingga bebannya bisa berkurang. Tidak ada yang menjadi penyemangat hidup karena tidak ada kitab suci sebagai panduan hidupnya.

Lingkungan kerja...

Banyak negara Asia Timur yang terkenal dengan etos kerja yang sangat tinggi. Perfeksionis dan pekerja keras menjadi tingkat sukses nya seseorang. Ketika dia merasa depresi dan stres, tak ada satu hal yang membantu dia menghilangkan rasa itu.

Mungkin bagi kebanyakan orang seperti kita, ketika stres akan makan, nonton film, jalan-jalan, main games, dan lain sebagainya. Tapi tidak untuk kebanyakan orang lainnya yang justru diam dan stres ketika pekerjaan mengalami masalah.

Jepang mengalami banyak kejadian orang mengakhiri hidupnya dengan terjun bebas ataupun menabrakkan diri ke rel kereta. Begitupula di Taiwan ini yang notabene mengikuti ala-ala Jepang dalam gaya hidupnya.

Bersyukurlah kita yang hidup di negara Indonesia... negara beragama...
Bersyukurlah kita yang hidup dengan lingkungan sosial yang baik dan mendukung kita apapun yang terjadi....
Bersyukurlah kita yang memiliki pola hidup yang baik...
Bersyukurlah kita yang memiliki Allah dan Islam sebagai panduan hidup...

Semoga kita semua dijauhkan dari godaan syaitan...
Semoga kita semua dijauhkan dari setiap perbuatan yang menjerumuskan kita ke neraka...
Semoga Allah mengampuni dosa kita semua...
Semoga Allah menunjukkan jalan yang terang dengan Al-Qur'an sebagai panduan kita...
Semoga kita semua dimasukkan ke dalam golongan orang yang bersyukur dan beruntung, serta dimasukkan ke dalam surga-Nya kelak.

Amiiiinn....

Intan Web Developer

A Wife and PhD candidate to-be in National Taiwan University of Science and Technology. Dreamer, Writer, Traveller, and Tech Addict. Like to travel everywhere and experience anything.

No comments:

Post a Comment

Anda bisa memasukkan komentar tentang postingan di sini...Terima Kasih ^.^