06 July 2012

Pengurusan Dokumen ke Taiwan


Setelah pengumuman diterima di Department of Information Management, ada pengumuman untuk menyiapkan beberapa hal untuk keberangkatan selain barang tentu saja. Dan ini super duper ribet...
Kita diminta untuk mempersiapkan dokumen-dokumen untuk diberikan di kampus pada saat kedatangan dan beberapa dokumen pendukung untuk pembuatan visa.




Karena alurnya ini bener-bener bikin pusing..Aku pingin ngeshare pengalaman selama mengurus dokumen-dokumen ini di Indonesia..Supaya temen-temen yang mau ke Taiwan ga bingung buat nyiapin apa aja...^.^

List of Documents
Biasanya dari kampus bakalan ngasih list dokumen apa aja yang disiapkan untuk ditunjukkan di kampus, seperti :

  1. Hasil medical checkup dengan deadline tanggal tes yang uda ditentukan dan nantinya dilegalisir. Lokasi medical checkup ditentukan oleh TETO untuk kliniknya. Setelah selesai medical checkup bisa dilegalisir ke notaris dan lanjut ke TETO.
  2. Ijazah berbahasa inggris. Karena biasanya ijazah yang dikeluarkan kampus itu bahasa indonesia, maka harus ditranslate. Biasanya sih di kampus bisa ngeluarin translatenya. Karena aq di ITS, maka bisa minta ke BAAK untuk translate. Paling ga sampe 1 minggu jadi. Setelah itu dibawa ke notaris, Taiwan Education Centre (sebagai pengganti Deplu dan Depkumham), dan TETO untuk dilegalisir.
  3. Ijazah Bahasa Indonesia. Ini sih cuma buat ditunjukin aja.
  4. Transkrip bahasa inggris. Karena dari ITS transkrip nya bilingual, jadi nyantai aja. Ga perlu pake translate. Tapi kalau yang ga bilingual, harus ditranslate. Sama kayak ijazah, dibawa ke notaris, TEC, dan TETO untuk dilegalisir.
  5. Asuransi kecelakan dan kesehatan. Nah ini nih yang agak bikin repot. Perlu diingat bahwa yang dilegalisir adalah Surat Keterangan dari pihak asuransi yang menyatakan bahwa asuransi yang dipilih mengcover kecelakaan dan kesehatan dengan skala internasional dan berlaku sampai kapan. Dan tanda tangan dari pihak asuransi harus asli. Ga boleh hasil scan. Pengalamanku sih sampai minta 3x ke asuransi gara2 tanda tangan harus asli. Jangka waktu pembuatan sih biasanya antara 1 - 2 minggu. Bahkan ada yang 1 hari.
  6. Paspor. Ini sebenernya yang harus diurus pertama kali. Karena ini yang penting. Tanpa paspor, ga akan berangkat dan biasanya ga akan bisa medical checkup. Biasanya sih jangka waktu nya 1 -2 minggu pembuatannya. Tergantung kita ngurusnya bener atau nggak.
  7. Visa. Ini bakalan aku bahas di sub bab selanjutnya. Agak repot soalnya.
  8. Letter of Acceptance dari kampus. Ini yang paling penting untuk pembuatan visa. Kalau NTUST, bakalan dikirim via pos. Biasanya nyampenya 3 minggu setelah kita klik enrollment di webnya NTUST.
  9. Fotokopi buku tabungan yang isinya minimal 8juta. Ini sih biasanya bagi yang dapat scholarship. tapi dari info yang aku dapet, mending yang dapet scholarship cantumin juga. Soalnya buat penguat waktu bikin VISA. Karena waktu kita di Taiwan, beasiswa ga akan turun di bulan pertama kita disana.
  10. Pas foto 4x6 / 3x4 berwarna dengan background putih sebanyak mungkin. Kalo pas medcheck ga punya yang bg putih tapi bg warna gapapa. Masih akan diterima. Tapi kalau di TETO, mending yang bg nya putih.
  11. Fotokopi KTP. Usahakan nama KTP bener ya? Ada temenku yang nama di KTP nya ga sama kayak di KK dan ijazah, akhirnya ngurus ulang.
  12. Fotokopi Kartu Keluarga. 
Urutan Pengerjaan
Kalau ini sih saran dari aku aja ya...Berdasarkan pengalaman dari temen-temen seperjuangan juga...
  1. Buat paspor
  2. Di saat yang sama, translate ijazah dan transkrip ke bahasa inggris
  3. Di saat yang sama, buat asuransi, ini polisnya kalo bisa bahasa inggris + minta surat keterangan dari asuransi yang menyatakan bahwa asuransi yang diambil mengcover kecelakaan dan kesehatan dalam lingkup internasional dan berlaku sampai kapan.
  4. Tunggu Letter of Acceptance dari kampus dateng.
  5. Selesai semua dokumen...simpan baik-baik.
  6. Ikut Medical Checkup. Karena aku masuknya untuk Fall 2012, maka ada ketentuan. Medcheck harus setelah tanggal 1 Juli, ada di surat penerimaannya sih kalo ini. So, jangan lupa cari list rumah sakit yang ditunjuk oleh TETO. Kebetulan karena aku masih di Jakarta, aku ikutan medcheck di Klinik Satria Medika Sakti, Jakarta Barat. Hasilnya keluar 3 hari kemudian. Bayarnya sekitar 450rbu.
  7. Bawa ke Notaris. Disini semua dokumen itu harus dilegalisir notaris. Untuk legalisir surat keterangan asuransi asli dan medcheck asli, namanya Waarmeking, bukan legaisir copy. Maksudnya itu kayak semacam legalisasi yang seakan-akan tanda tangan dokumen itu di depan notaris, padahal nggak. Untuk lebih jelasnya mungkin bisa ditanyain ke notarisnya langsung kali ya.hohoho Biayanya tergantung notarisnya. Kalau yang murah ada sekitar 25rbu - 100rbu.
  8. Bawa ke Taiwan Education Center (TEC) yang ada di Gedung NASDEC kampus ITS Surabaya. Dia bisa jadi pengganti Deplu dan Depkumham. Dan biayanya juga cukup murah. 10rbu per lembar plus ketambahan materai 6rbu tiap lembarnya. Pengalamanku sih disini dia ngecek semua dokumen kita. Jadi dia ga akan sembarangan ngasih legalisir. Dengan begitu kalau ada yang salah bisa langsung diperbaiki daripada ntar waktu ke TETO yang salah itu lebi ribet lagi.
  9. Bawa ke TETO. Disini per dokumen agak mahal bayarnya. Kalau aku sih kena 138rbu per dokumen. Bisa dicek di webnya TETO lah ya update harganya. Soalnya katanya sih sering berubah-ubah gitu. Oh ya kantornya TETO ada di Gedung Artha Graha di Jl.Sudirman Jakarta Selatan. Kalo bisa dateng pagi-pagi dan jangan malu untuk bertanya! karena disana ga ada Helpdesk nya..-.-"
  10. Next is VISA. Pembuatan visa di TETO. Untuk syarat dan ketentuan bisa diliat di webnya TETO. Biaya residennya 607rbu.
Yang bikin biasanya orang-orang galau itu ada beberapa pertanyaan, yang juga bikin aku dan temen-temen galau juga.haha

"Berapa lembar ya yang harus dilegalisir? Secara yang visa itu juga dokumen yang dibutuhkan sama dengan yang diminta univ...Dan biaya nya bakalan nambah lagi... >.<"
---- 1 lembar aja koq. Ntar waktu pembuatan visa, bakalan dibalikin tuh semua legalisirnya steelah visa selesai dan keluar.. :)

"Beneran nih TEC aja bisa ga pake ke Deplu n Depkumham?"
---- Yap bener banget. Bisa koq. Dia emang salah satu perwakilan Taiwan yang ada di Indonesia. Jadi, dia punya hak untuk melegalisasi sebagai pengganti Deplu dan Depkumham. Tapi sayangnya kantornya hanya ada di Surabaya.

"Medical checkup beneran ga perlu ke TEC / Deplu Depkumham kah?"
---- Iya bener. Jadi medical checkup itu kan di klinik / rumah sakit yang ditentukan ma TETO. Jadi, TETO hanya butuh legalisir dari notaris aja...

"Pembuatan visa apa perlu tanggal keberangkatan?kan belum pasti berangkatnya tanggal berapa...pesen tiket pesawat aja belum..."
---- Kalau emang belum pasti tanggalnya, bikin aja gapapa koq. Kasih aja tanggal perkiraan. InsyaAllah dikasih koq.asal letter of acceptance nya dilampirin yaa...

"Medcheck yang dilegalisir bagian yang mana?"
---- Yang ada tulisan Form B nya. Biasanya ma kliniknya dikasih bolak balik kan...Nah itu yang dilegalisasi. Yang ada tanda tangan dokternya. 2 halaman biasanya.

"Paspor ga perlu dilegalisir?"
---- Ngapain?? Ga perlu kali...paspor itu cuma buat bukti aja kalo uda bikin paspor...

"Paspor yang difotokopi yang bagian mana ya?"
---- Di paspor itu ada 2 bagian utama. Yang paling depan (bukan cover) dan paling belakang. Yang depan itu yang ada fotonya. Yang belakang yang ada alamatnya. Nah, 2 bagian itu yang difotokopi.

"Letter of Acceptance ku koq ga nyampe-nyampe ya?"
---- Coba cek ke kantor pos terdekat. Soalnya biasanya nyangkut di pakpos... Ada kejadian suratnya agak rusak waktu dalam masa pengiriman, itu coba tanya ke TETO bisa ga pake surat itu...atau minta kiriman ulang dari kampus.

REMEMBER!!
Bawalah semua dokumen asli dan dalam keadaan tidak terlipat atau rusak. 
Jangan lupa bawa dokumen pendukung lain yang mungkin dibutuhkan walaupun tidak dicantumkan di syarat dan ketentuan legalisasi masing-masing departemen itu tadi seperti Ijazah SMA atau Akte Lahir. Jaga-jaga aja sih.

Perkiraan Biaya
Ini berdasarkan pengalaman pribadi...Ada kemungkinan harga berubah dari waktu ke waktu...Jadi, jangan malas untuk mencari informasi terbaru yaa...
  1. Translate ijazah ke bahasa inggris di penerjemah tersumpah  50.000 / lembar 
  2. Paspor urus sendiri 250.000, kalau pakai agen sekitar 500.000 - 800.000
  3. Asuransi, tergantung asuransinya, biasanya 450.000 - 700.000
  4. Notaris, sekitar 25.000 - 200.000 / lembar 
  5. TEC, 10.000 / lembar + bawa materai 6.000 sejumlah dokumen
  6. TETO, 138.000 / lembar, ini ada list harganya..cuma aku lupa.soalnya banyak banget.hahaha
  7. VISA, urus sendiri 607.000, kalau pakai agen nambah 300.000 - 500.000
Dalam jangka waktu 1 bulan, insyaAllah semuanya akan selesai jika lancar...hehe
Kalau ada halangannya sih paling sekitar 2 bulan lah...
Jadi, saranku...mulailah lebih awal karena kau akan lebih tenang untuk mempersiapkan barang-barang selama disana... ^.^

So, semoga bermanfaat...^.^

For further information you can see this link :
TETO --> www.teto.or.id
Paspor --> imigrasi.go.id

Intan Web Developer

A Wife and PhD candidate to-be in National Taiwan University of Science and Technology. Dreamer, Writer, Traveller, and Tech Addict. Like to travel everywhere and experience anything.

40 comments:

  1. tanya dong untuk asuransi dulu urusnya di mana ya? ambil paket asuransi apa? terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya pakai prudential kebetulan...karena orangtua saya juga pakai...
      Tapi kalau mau yang cepat...teman-teman saya pakai chartis...satu hari langsung jadi dan mereka sudah tau kebutuhan kita kayak apa...

      Delete
  2. Alhamdulillah.. detail sekali informasinya kak, :) kebetulan saya masih menunggu pengumuman penerimaan untuk Spring 2013 yg Dual Degree, sdh dpt acceptance letter dr professornya tinggal scholarshipnya yg masih deg2an hehe.. biasanya kalo dpt scholarship itu kriterianya yg bagaimana y kak?
    Terima kasih :D
    Saya dari ITS juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh selamat yaa...
      jurusan apa?
      disini banyak yang dual degree IM untuk fall 2012 ini...
      kalo scholarship sih kayaknya diliat dari TOEFL deh...kalo uda dapet LoA dari prof waktu ke ITS .. insyaAllah dapet koq. :)

      Delete
    2. Saya dari Teknik Elektro kak.. Alhamdulillah di pengumuman resmi sdh dinyatakan lolos full scholarship.. Saya mau tanya kak, asuransi itu bagaimana y? dan bagaimana cara mengurusnya? Terima kasih :)

      Delete
    3. Alhamdulillah...selamat yaa :)
      Ada 2 jenis asuransi yang harus diurus.NHI itu wajib ddibuat setelah 4 bulan disini..nah untuk menutupi 4 bulan pertama kamu harus punya asuransi yg dibuat d indonesia...

      Delete
    4. Terima kasih kak atas doanya hehe..
      Untuk medcheck rumah sakit yg ditunjuk TETO hanya ada di Jakarta y kak?di sekitar Surabaya apa tdk ada?

      Delete
  3. Ada koq yang di surabaya.. ada di list yang dikasih sama kampus. kalo misal ga ada, masuk aja ke web nya TETO. ntar ada list nya. beberapa temenku tes nya di surabaya. karena kebetulan aq lagi di jakarta ya aq tes di jakarta,

    ReplyDelete
  4. Intan.. mau tanya.. ITEM Medical checknya untuk NTUST apa aja ya?. Aku dpt LOA tahun kemaren. dan dah kirim ke NTUST utk fall 2013.. masalahnya, aku harus berangkat kebalikpapan dibulan may/juni/juli/, dan pengumuman NTUST di bulan juli. jadi KLo bisa MEdcheck sekarang kayanya lebih baik. berhubung Medcheck yg ditentuin TETO cuma dijakarta/surabaya.. Thanks ya utk infonya.. oya klo ada FORM medcheck khusus dari NTUST.. bisa ngga kirim ke Email Attar_engineering@yahoo.co.id tHANKS ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi, sebenernya medcheck itu hasilnya harus masih berlaku selama 3 bulan pertama kamu di taiwan. So, kayaknya kmu ga bisa deh kalo medcheck sekarang. atau mungkin bisa ditanyakan ke tempat medcheck nya dulu aja. Ga ada form medcheck khusus dari NTUST. ntar ada form yang dikasih sama klinik tempat medcheck (dimanapun sama) untuk bikin visa di TETO. gitu..
      hope will help you.
      good luck and see you in NTUST... ^.^

      Delete
  5. Assalamu'alaikum..
    Mbk intan,,blog mbk bener2 ngasih info bnyk mbk,, yang awalnya saya ga tau jadi mulai punya gambaran mbk..
    Oh ya mbk, saya kmrn udah daftar via online dan via pos ke NTUST untuk Fall semester 2013 mbk,,
    kira2 pengumumannya sekitar bulan apa ya mbk berdasarkan pengalaman mbk intan kmrn,,
    oh ya mbk,saya hana dari ITS juga mbk,,
    Terimakasih ya mbk.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Hana...
      Alhmdulillah post ini bisa bantu kamu... ^.^
      pengumumannya itu bulan Juni/Juli kalo untuk fall.
      Kalau boleh tau, sudah dapat LoA?
      Good luck ya hana... ^^

      Delete
  6. jadi pengumumannya bulan juni/juli ya mbk?
    lama ya mbak,,hehe
    saya kira bulan april atau mei mbk,, karena di web nya itu ada tulisannya sekitar satu bulan setelah deadline pendaftarannya mbk (3 April)..

    saya masih belum dapet LoA mbk, kmrn waktu interview yang ada di ITS, saya coba ikutan mbk,,, tapi Prof.nya bantuin saya buat daftar online dan via pos mbk intan,,tapi masih belum tau mbk pengumumannya mbk,, mohon do'anya ya mbk..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. deadline pendaftaran kan April. Nah 1 bulan kemudian ada pengumuman. 1 bulan setelah pengumuman LoA baru nyampe ke rumah via pos. gitu prosedurnya. jadi mungkin Juni/Juli.
      Pengalamanku sih sekitar bulan itu.
      Jadi bulan Juli akhir aku baru bisa ngurus dokumen-dokumen untuk pembuatan visa ke taiwan karena nunggu LoA nyampe rumah.

      kmu interview k jurusan apa? waktu interview itu ga langsung dikasih LoA ya emangnya?

      Good luck ya Hana...semangat... ^.^
      aku doain...semoga kita ketemu fall ntar di sini... ^.^

      Delete
  7. amin ,, mksh udh dido'ain ya mbk,,:)
    aku jg berharap bsa ketemu mbk nanti di fall semester 2013,,amin,,:)

    jadi pengumumannya lewat email nya bulan mei ya mbk? n LoA yang via pos ke rumah bulan juni atau ya mbk? gtu kah mbk?

    aku kmrn interviewnya di jur.tek material metalurgi mbk..setauku kmrn blm ad yang interview lgsung dikasih LoA mbk,, setauku kmrn seperti itu mbk..jadi saya daftar lgi lewat online dan via pos mbk..
    kmrn yang saya ikutin jurusan department of material science and engineering mbk..

    mbk,, do'ain saya bisa punya kesempatan seperti mbk intan ya..:)


    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin,... :)
      aq barusan tanya temenku..dulu kita Fall dapet pengumuman itu tanggal 1 Juni. dapet LoA nya Juli. gitu.
      ohh material toh...emang belum ada sih anak ITS di jurusan itu. ada dari ITB kebanyakan. mungkin karena baru pertama dateng k ITS jadi ndak dikasih LoA.
      Siipp...insyaAllah bisa. semangat!! ^,^

      Delete
  8. makasih bnyk ya mbk intan infonya,,, :)
    nanti kalau ad yang ak nggak ngerti aku tanya sm mbk intan ya mbk..:)
    aku menunggu datangnya bukan juni mbk,, bismillah.:)
    makasih bnyk ya mbk intan..:)
    blog mbk bener2 bermanfaat,, dah ak baca semua tentang cerita mbk di taiwan ..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 hana... goodluck ya... tanya aja kalo ada yang mau ditanyain...insyaAllah kalo aq bisa bantu, aq bantu... :)
      wahh jadi malu kalo dibacain semua...hahaha ada yang agak geje soalnya...--"

      Delete
  9. oke mbk intan,,mksh bnyk ya mbk intan..:)
    sukses terus ya mbk...:)

    ReplyDelete
  10. Klo boleh nnya mbak, saya daftar buat yg fall season 2014, kira2 itu pengumumannya keluar itu kapan dan bisa dilihatnya dmn ya? Saya juga udah dpt surat penerimaan dari prof yang dtng ke ITS kira2 bs lolos ga yah buat scholarship nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Riza... terima kasih sudha mampir ke blog saya... ^^
      Untuk pengumuman Fall biasanya sih Juni akhir atau paling lamabat Juli awal dan bisa lihat di web nya NTUST. Bisa refer ke link ini http://www.admission.ntust.edu.tw/home.php
      Kalau untuk LoA itu tergantung di LoA Riza ada tulisan sudah pasti dapat scholarship nggak? Karena jamanku dulu ada 3 jenis LoA. Yang pertama sudah pasti dapat full, sudah pasti dapat partial, dan yang ketiga adalah yang tidak dapat beasiswa. Saya dulu dapat LoA yang tidak dapat beasiswa. Tetapi di admission website NTUST saya milih mau daftar beasiswa dan dapat. Walaupun ada juga teman yang tidak dapat. Jadi tergantung LoA nya sih...
      Good luck ya Riza... Semoga kita bisa bertemu di Taiwan :)

      Delete
    2. Oalah..
      saya sperti nya dapet sama kayak mbak, tidak ada keterangan buat dapet beasiswa nya cmn penerimaan aja. jadi wlpn dpt LoA kyk mbk blm pasti ktrma ya ? Lama ya mbak pengumumannya , kan penutupan nya 30 maret kmrin, apa tidak sebulan setelah itu ya pengumuman nya keluar di admission ny, dger2 ada yg blng jg sebulan setelah penutupan pendaftaran pengumumannya.
      Terima Kasih ya mbak sdh mau bales comment saya, semoga deh bisa nyusul kyk mbk dsna :)

      Delete
    3. Untuk pengumuman sih sesuai jadwal biasanya Juni atau Juli.ditunggu aja sama sering2 liat web nya... :) aminnnn...semangat riza... :)

      Delete
  11. Mbak Intan, Thx Buat Artikelnya, :)
    Saya mau tanya untuk legalisir transkrip itu yang bagaimana?

    Apakah Legalisir Diatas Fotokopi yang sudah dilegalisir oleh ITS atau Legalisir diatas dokumen aslinya? Terimakasih mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali.. saya senang jika bisa membantu... :)
      Legalisir itu maksudnya... transkrip difotokopi, lalu dilegalisir di atas fotokopian nya.. dan semua bentuk legalisir (kampus, notaris, TETO, dsb) itu jadi satu dalam satu fotokopiannya. bukan satu legalisir untuk satu kertas fotokopi.
      Semoga membantu :)

      Delete
  12. Hi kak Intan di ijasah sama KTP saya namanya beda, di ijasah non spasi, di KTP pakai spasi. Ex; Danisetiawan Mukmin, Dani Setiawan Mukmin. Gimana tuh mbak? Emang di minta ya KTP asli pada saat aply? Makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Dani,
      Kalau apply visa emang biasanya diminta KTP juga... tapi itu kayaknya ada prosedur yangs edikit beda deh kalo masalah beda nama. Tapi setau saya sih ngikut nama yang di ijazah. coba kamu tanya langsung sama TETO. :)

      Delete
  13. Mbak Intan, saya mau nanya tentang transkrip ITS memang ada versi bahasa inggris? Itu apakah langsung minta di BAAK atau bagaimana prosedurnya. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok. Saya dulu minta ke BAAK yang bagian loket FRS itu. Taoi nunggunya 3-4 hari.

      Delete
  14. Mbak Intan, thanks buat info2 nya di blog ini. Di information management apakah banyak course yang lecture-nya menggunakan bahasa inggris (required course)? Soalnya dari http://www.cs.ntust.edu.tw/page/content/67, lecture dalam bahasa inggris cm ditampilkan 7. Jadi ragu buat ambil jurusan ini. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali mas Wan. :)
      Memang untuk required course di Information Management bisa dibilang sedikit. Tapi, ada beberapa ketentuan untuk mahasiswa dalam mengambil mata kuliah. Salah satu di antara nya adalah bisa mengambil matkul di jurusan lain. Dan biasanya sih setiap semester selalu ada satu matkul berbahasa inggris baru yang dibuka.
      Jangan khawatir kalau mau masuk jurusan ini untuk masalah required course nya karena nantinya dijamin tidak semua dari 7 itu akan terambil. Bisa dibilang karena S2 berbeda dengan S1.
      Terima kasih. semoga membantu. :)

      Delete
  15. salam mbak,
    terimakasih byk saya sdah membaca semua positingan mbak yg sangat detail.
    sy ingin tanya mbak, mnrt pengalaman mbak, apakah surat rekomendasi harus distempel jur/fakultas, atau cuma cukup dengan ttd dosen perekomedasi saja?
    trims mbak atas respon baiknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam,
      Terima kasih kembali sudah membaca posting saya. :)
      Untuk surat rekomendasi biasanya tidak perlu stempel kampus. Cukup ada tanda tangan asli dari dosanya saja.
      Semoga membantu :)

      Delete
  16. Assalamualaikum mbak Intan,
    Perkenalkan saya Ilham ITS angkatan 2012. mau nanyain masalah translate ijazah sama transkrip di BAAK itu dokumen apa aja yg dibawa? trus biayanya dulu kena berapa?
    sebelumnya makasih mbak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, Ilham.
      Saya agak lupa karena sudah lama sekali. Coba bisa langsung tanya ke BAAK ITS karena bisa jadi harganya juga berubah. Tapi seingat saya, dulu murah kok.
      Sama sama Ilham. Semangat yaaa... :)

      Delete
  17. Mba mau tanya, kalo di web ntust admission statusnya di fall international student delivering itu sudah pasti diterima kah?
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk status mungkin lebih baik jika mengecek di Admission Result nya. Karena setau saya delivering itu maksudnya LoA nya sedang dalam proses pengiriman ke alamat masing-masing.
      Semoga membantu. :)

      Delete
  18. Mbak Intan saya mau tanya kebetulan kemaren saya ikut Taiwan Education Fair dan mendapat rekomendasi beasiswa dari professornya setelah wawancara. Untuk yang spring pengumuman admisinya apakah bulan november dan mendapatkan loa pada bulan desember gitu ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf untuk jadwal saya kurang tahu. Mungkin bisa refer ke website admission kampus untuk lebih detailnya. Tapi sepengalaman saya, pengumumannya sekitar november / desember. :)

      Delete

Anda bisa memasukkan komentar tentang postingan di sini...Terima Kasih ^.^