05 July 2012

3rd Dream : Mencoba Kerja di Perusahaan Skala Internasional


Ahahaiii....lulus dari Teknik Informatika ITS memberi kebahagian sendiri lah ya tentunya...
But, ada pertanyaan yang pasti akan selalu terngiang di benak semua orang ketika lulus S1...
Aku mau kerja dimana? Aku mau kerja apa?
Hahahaha hal yang wajar untuk dipertanyakan sih sebenarnya...

Kalau aku...pertanyaanku bukan itu...
"Apa yang akan ku lakukan setelah aku lulus??" (sama aja ya? haha)

Sebenarnya...aku ga pingin kerja ikut orang. pengalaman kerja di perusahaan BUMN buat kerja praktek sekitar 1 tahun yang lalu di Bandung agak sedikit bikin ga suka kerja di perusahaan. Disuruh ini itu lah. Kerja dari pagi sampai sore. Apa enaknya coba?? Apalagi kalau misal uda berumah tangga..kasian suami n anak donk ditinggalin trus di rumah....(ceileh kayak uda mau nikah ajee..haha)

Tapi...I have different thought..
Kalau aku terlalu membatasi diri...aku ga bisa berkembang donk?
Okelah mimpiku yang lain aku ingin jadi dosen...Tapi...ga ada salahnya menuju sebuah mimpi harus melewati hal lainnya...
Lagian juga dosen harus dibekali ilmu praktek kan? Ga mau banget deh jadi dosen yang cuma tau ilmu dari buku dan paper, duduk di kelas cuma buat nyuruh mahasiswa presentasi di depan, atau bahkan ngomong sendiri ma slide presentasi.-___-"
Jadi, gimana caranya aku harus mencoba untuk bekerja (walaupun sebentar) di sebuah perusahaan yang skala nya internasional....trus cabut deh buat S2...hahaha

Selagi aku mendaftar beasiswa ke luar negeri (Taiwan, Korea, India) dan daftar sekolah di Indonesia (UI, ITB) aku juga daftarin tuh perusahaan-perusahaan besar. Ikut-ikut berdesak-desakan ma orang-orang seantero nusantara yang nyari kerja di Bursa Karir ITS...nyari info lowongan di website-website...bahkan sampe ngeliatin papan pengumuman satu per satu...haha *kenanganYangIndahTapiPait

Miris juga sih waktu ikutan berjubel-jubel di Bursa Karir ITS...tapi apa daya...namanya juga pengangguran...what must i do except this one?? hahaha 

Mulai dari perusahaan negara, swasta, dan asing ikutan di BKI....liatnya sih uda males ya begitu masuk...udah banyak orang..panas..sumpek...bikin kepala pusing...

Dan jeng jeng...kepala multitasking ku beraksi...hahaha (kata "love" -- "salut dah ma yang bisa multitasking" hahaha). Persiapan dimulai :
   1. Buka Tas
   2. Keluarkan map
   3. Catat semua lowongan kerja yang mungkin
   4. Siapkan semua fotokopian dan map
   5. Ambil antrian (biasanya sih bayar untuk tiap perusahaan satu nomer antrian. tapi bisa beli banyak)
   6. Masukin semua hal ke dalam map (harus teliti dan hati-hati..jangan sampai salah)
   7. Antri
   8. Masukin map ke dalam tiap perusahaan

Belum apa-apa nih...2 perusahaan uda nolak mentah mentah diriku...-.-"
Entah karena apa...padahal temenku yang IPnya di bawahku keterima lhoh...aneh bin ajaib emang...tapi aku percaya takdir...dan mungkin bukan yang terbaik untukku...

Hari terakhir BKI total sudah ditolak 6 perusahaan...hahaha

Tapi bukan Intan namanya kalau menyerah gini aja...
Aku bisa ngambil kesimpulan dari perjuanganku cari kerja di bursa karir / bursa kerja...

Semua orang datang kesana nyari kerja
Perusahan ngambilnya entah acak entah diurut berdasar apa
Waktu cuma sedikit
Bikin pusing
Peluang keterima : 1 banding 10.000

So, aku cari jalan lain...INTERNET.

Kebetulan sebelum ada bursa kerja...aku iseng ikutan recruitment salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang kebetulan datang ke kampus. Anak perusahaan nya sih yang di bidang IT. Aku juga ikutan recruitment online perusahaan perkebunan terbesar di Indonesia juga.

Nah...kebetulan juga...waktu bergulir...aku dipanggil di 2 perusahaan itu...
bahkan sampai tahap interview...
bahkan aku disuruh ke jakarta untuk interview...
dan Alhamdulillah...

aku diterima di dua duanya... :D

Tapi yang perusahaan rokok itu telat ngasih taunya...jadinya aku udah deal duluan ma perusahaan perkebunan ini...

Dan Alhamdulillahnya lagi...aku keterima jadi IT Staff di HO Jakarta perusahaan perkebunan internasional...

Alhamdulillah...
Another part of my dream...I gained you again,., ^___^

Intan Web Developer

A Wife and PhD candidate to-be in National Taiwan University of Science and Technology. Dreamer, Writer, Traveller, and Tech Addict. Like to travel everywhere and experience anything.

1 comment:

  1. mantab mbak . .
    saya sedang mengalami apa yang anda alami beberapa tahun lalu, dan sekarang bingung memilih pekerjaannya hehe. Minta doanya aja mba biar dapet pekerjaan yang sesuai amien

    ReplyDelete

Anda bisa memasukkan komentar tentang postingan di sini...Terima Kasih ^.^