03 July 2012

2nd Dream : Lulus 3,5 Tahun Cumlaude


Selama kuliah di ITS...aku mengalami 1 hal terpenting dalam hidupku...
Merasakan kasih sayang yang begitu besar dari orang tuaku...
Mereka memberikan semuanya untukku sehingga aku tidak merasakan kesusahan apapun selama aku kuliah selain mengalami stres karena tugas, maklumlah mahasiswa teknik yang begitu banyak praktikum menggunung dan tugas organisasi....

Saat itu...aku memikirkan...apa yang bisa membuat orang tua ku bahagia...

Adikku, Irfana Rahma Dzikria, akan lulus SMA pada saat aku akan lulus kuliah...

Disitulah mimpi itu muncul...

3,5 tahun lulus dari ITS dengan predikat cumlaude. Aku harus bisa!!

Dengan secangkir teh / kopi tiap malam aku belajar dengan tekun...(sepertinya)
Walaupun terkadang malas menghampirku...syukur Alhamdulillah tidak lama malas itu datang...ketika malas menghampiri,aku ingat kedua orang tua ku...aku ingat perjuangan mereka selama ini menyekolahkanku hingga perguruan tinggi...aku tidak ingin membuat mereka bersedih...

Cukup pengalaman pahit nilai buruk pada saat semester 1 dan 2 (2 mata kuliah yang membuatku geleng-geleng kepala tapi ibuku hanya tertawa -.-")...aku berniat tidak akan ada nilai D di transkripku selain 2 mata kuliah itu...

Berusaha...

Berdoa...

Meminta restu orang tua...

Semester 7 datang...aku ambil mata kuliah Tugas Akhir...Ketika akan melakukan FRS / KRS...tanganku gemetar...Apa aku bisa?? Pertanyaan itu terus terngiang di benakku...Dengan mengucapkan basmalah yang direstui kedua orangtuaku tentunya...aku melakukannya...

Aku memilih seorang dosen yang mengenal baik diriku..Ibu Umi Laili Yuhana...dan juga dukungan seorang terkasih...aku melakukannya...

Perlahan tapi pasti...

Penuh dengan tingkat stres yang begitu tinggi...

Tugas akhir dan beberapa mata kuliah kulalui dengan tekun...

Sempat hampir aku tidak diijinkan untuk mengikuti sidang karena menurut bu yuhana aplikasiku tidak cukup baik...Aku harus ikut sidang!!

Tiap hari aku lembur...bersama sahabat tercinta Carolina Florida Edjam aku melalui masa masa itu...Juga bersama Sangkurnia Sekar Arom dan Yovanita Sidabutar kami bertarung melawan kemalasan...kami bertarung melawan keganasan tugas akhir yang menyiksa,,,

Tiap hari kami di lab yang sama bertaruh siapa yang lebih dahulu selesai mengerjakan tugas akhir...dibantu dengan teman seperjuangan lain di lab yang sama...

Akhirnya sidang itu datang...

Pilihan hanya ada 2 bagian :
1. Lulus atau tidak
2. Cumlaude atau tidak

tapi aku ingin 1 pilihan saja di luar itu semua...Lulus Cumlaude...

Aku meminta doa restu ibu, bapak, nenek, adik, seorang terkasih, dan dosen pembimbingku...

Keringat dingin melandaku begitu aku duduk di kursi panas...tak kuasa aku menatap mata dosen penguji (padahal sebenarnya mereka dosen terlucu di kampus yang selalu membuatku santai dan tertawa)...

Kesalahan demi kesalahan terjadi...

Ya Allah...
Tak kuasa aku menahan air mata begitu kata itu diucapkan "Selamat...Anda Lulus...dengan Nilai A"
Alhamdulillah Ya Allah...

Impian itu tercapai...

Lulus 3,5 Tahun Cumlaude...

Thank you Allah..
Thank you Mom..Dad...
Thank you Love...
Thank you my best friends...

^__^
Intan Web Developer

A Wife and PhD candidate to-be in National Taiwan University of Science and Technology. Dreamer, Writer, Traveller, and Tech Addict. Like to travel everywhere and experience anything.

1 comment:

  1. dapat nilai D masih bisa cumlaude mba?

    ReplyDelete

Anda bisa memasukkan komentar tentang postingan di sini...Terima Kasih ^.^