05 July 2012

4th Dream : Diterima S2 di Universitas Terbaik di Indonesia


Cita-cita ku itu cuma 1...Aku pingin jadi dosen. Nah...untuk mencapai itu...lewat jalur kuliah S2 donk tentunya...

Sebenernya pingin banget dapet beasiswa untuk S2...entah di luar negeri atau di Indonesia. Hanya saja untuk kasus kali ini yaitu di Indonesia, agak susah dapetnya kalau ga ikut program beasiswa dari DIKTI. Itupun harus jadi salah satu dosen di perguruan tinggi yang ditentuin ma DIKTI. Kalau ga salah sih nama programnya Beasiswa Unggulan deh kalau ga salah. Syaratnya banyak banget dan susah.

Aku dikasih tau sih ma "Love" (ceileh) kalau daftar aja dulu di universitasnya...nanti kalau uda keterima pasti banyak tawaran beasiswa dimana-mana. Emang sih untuk biaya masuk pertama biaya sendiri...tapi kalau dapet beasiswa setelahnya kan mungkin juga...

Universitas terbaik di Indonesia kalau diurut ada 3 dari segi IT nya :
1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
2. Universitas Indonesia (UI)
3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS)

Nah karena aku S1 nya di ITS...aku pingin coba ke yang lainnya...So, UI n ITB sasaranku selanjutnya.

Semenjak sebelum lulus aku udah cari tau dulu tentang dua universitas itu. Ada atau nggak S2 yang sesuai dengan bidangku...berapa biayanya...bagaimana cara masuknya...dsb.

Dan perjuanganku dimulai dengan mengumpulkan berkas-berkas...Mulai dari Surat Keterangan Lulus (SKL) yang dbuat karena waktu itu aku belum wisuda, transkrip nilai, surat rekomendari dari dua orang dosen yang kenal baik denganku, dsb.

Sempat ada masalah ketika dosenku tidak mau memberikan surat rekomendasi karena waktu itu aku belum sidang. Tapi untungnya H+1 sidang...surat rekomendasiku keluar...hehehe :D

Beberapa syarat yang menurutku susah untuk ditembus yaitu tes TPA dan TOEFL. Syaratnya pun cukup tinggi lah bagiku waktu itu...

Untuk ITB sendiri tes TPA bisa dilakukan selain di Bandung tapi untuk Bahasa inggris harus ELPT ITB. Jadilah aku mencari informasi tes TPA tercepat di area Surabaya dan sekitarnya. Kudapatkan di Malang. Aku harus pergi ke Universitas Brawijaya untuk mengikuti tes TPA dan soalnya susaaaaaaahhhhh... >.<"
Waktu itu rasanya pasrah aja lah...entah dapet nilai berapa.hahaha Di hari yang sama aku harus mengejar untuk mengikuti tes TOEFL di Universitas Airlangga Surabaya. -.-" Jadilah aku mengejar waktu setelah selesai tes di Malang aku naik bus ke Surabaya...untungnya belum telat.hahaha Sedangkan ELPT ITB aku harus datang ke Bandung. Tak apalah...sekalian menjenguk seorang terkasih di Jakarta.xixixixi

Sedangkan tes di UI sendiri...harus lewat SIMAK. Sama sih seperti di ITB tesnya, TPA dan bahasa inggris. Tapi susahnya MasyaAllah. Keluar dari kelas cuma bisa menghela nafas dan berdoa semoga diberikan yang terbaik. 

Waktu menunggu pengumuman ini yang paling menegangkan...tapi ya termasuk nyantai juga sih...

Karena kebetulan...selagi menunggu pengumuman...aku diterima kerja pula...

Jadi, aku sudah berniat...kuliah sambil kerja. Bismillah semoga bisa...

Saat itu aku ada panggilan wawancara dari ITB hari Jumat. Tapi aku tak bisa datang...jadinya yah terpaksa lah...yasudah...digugurkan saja....ternyata ITB diterima. Alhamdulillah....

Sekitar dua minggu kemudian...ada pengumuman dari UI...dan Alhamdulillah diterima juga...benar-benar ga nyangka waktu itu...

The best universities in Indonesia...both of them...accept me...It's just like a dream!! ^__^

Alhamdulillah Ya Allah...mimpiku yang lain terkabul...
Intan Web Developer

A Wife and PhD candidate to-be in National Taiwan University of Science and Technology. Dreamer, Writer, Traveller, and Tech Addict. Like to travel everywhere and experience anything.

7 comments:

  1. Apakah IPK termasuk salah satu syarat ?? :)

    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. IPK selalu menjadi syarat untuk masuk ke perguruan tinggi, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Namun, persyaratan ini adalah persyaratan administratif untuk menuju ke tahap seleksi selanjutnya.
      Semoga bermanfaat :)

      Delete
  2. IPK S1 minimum untuk S2 di ITB berapa ya kang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih standar nya 3.0 tapi mungkin bisa di cek ke website ITB saja. Semua persyaratan ada di sana. :)

      Delete
    2. Saya sudah cek, tapi tidak ada persyaratan IPK sama sekali.

      Delete
    3. untuk itu mungkin sudah berubah. karena saya dulu ada persyaratan itu. mungkin bisa mengikuti pedoman yang terbaru. :)

      Delete
  3. haha s1 its jurusan mana y, aku juga alumni s1 its desain produk industri, skr malah s2 di ipb ambil teknik sipil wkwk,karena deket rumah sih (10menit ke ipb), daripada kost lagi :D

    ReplyDelete

Anda bisa memasukkan komentar tentang postingan di sini...Terima Kasih ^.^