06 July 2012

What U Need Before Flight To Sub Tropical Country


Kebanyakan orang berpikir...ah gampang lah ntar aja nyiapin barangnya kalo uda mau berangkat...
Itu pemikiran yang salah besar!! Kenapa?? Kebutuhan kalau mau berangkat ke luar negeri untuk stay disana pasti banyak...Ya ga pasti banyak juga sih...Hanya saja untuk yang baru pertama kali ke luar negeri..pasti bingung kan mau bawa apa aja?

Nah...kali ini aku akan bahas apa saja yang Yes and No or Maybe dibawa...Dan dimana meletakkannya...

Baju
Karena kondisi nya adalah mau ke negeri sub tropis dengan 4 musim...maka baju yang dibawa ya yang standar ja lah. Sama kayak di Indonesia mungkin lebih dingin sedikit. Kalau takut kedinginan bawa jaket agak tebel. Jangan bawa baju banyak-banyak karena akan membuat bagasi kelebihan muatan. Mending bawa baju yang mungkin bisa dipakai 2 minggu lah...nanti kalau kurang bisa beli disana. Baju hangat? No problem...jangan beli di Indonesia saranku..karena kita ga tau dinginnya disana seberapa. takutnya malah ga kepake. Lagian juga model-model disana akan jauh lebih banyak pilihannya daripada disini kan?hehehe bergaya dikit boleh donk... ^.^

Peralatan Tulis Menulis (ATK)
Remember! Jangan bawa gunting yang dimasukin ke tas jinjing dan dimasukin ke dalam bagasi kabin pesawat. Pasti disita. Bawa yang normal aja lah kayak pensil, penghapus, bolpen, tipex, isi pensil. Masukin ke tas kecil yang dibawa masuk kabin. Jaga-jaga kalau misal mau coret-coret selama di jalan. Coret-coret di buku maksudnya. Jangan di fasilitas umum yaa....Jangan lupa bawa buku saku kecil.

Buku Panduan Perjalanan
Bagi yang pertama kali ke luar negeri, ini penting banget. Karena sapa sih yang mau nyasar?? haha Banyak koq yang jual buku-buku perjalanan ke luar negeri. Kalau aku sih prefer yang terbitannya Lonely Planet. Agak susah nyarinya. Tapi at least worthed lah...haha

Sepatu / Sandal
Sepatu kets ketika berangkat itu penting. Jangan pakai sepatu high heels buat yang cewek. Bisa-bisa capek duluan karena bawa barang berat dan banyak. Masukin heels / wedges favorit ke dalam koper. Sandal jepit juga boleh buat ke kamar mandi. Tapi, kalau koper ga cukup jangan dipaksain...sandal jepit ga mahal koq di luar negeri.haha

Laptop
Ini yang kebanyakan bikin galau banyak orang kalau mau ke luar negeri. Laptop itu biasanya dicek asli atau nggak nya hanya di beberapa negara aja. Windows genuine atau nggak ini yang paling penting. Genuine nya OS ga harus diliat dari stiker aja tapi juga kalo misal ga ada stiker bisa diliat dari activation code nya. Kalau aku sih genuine dapet code dari MSDN Premium jadi tanpa stiker. Nah yang bikin khawatir..kalo ga genuine gimana? Beberapa teman sih bilang ga bakalan dicek...tapi untuk mengantisipasi...jangan bawa laptop yang OSnya bajakan. Karena bisa jadi tiba-tiba ada sweeping dari pihak HAKI / Microsoft. Kalau mau aman ya pakai OS free kayak linux aja..Trus, bagaimana dengan software? Menurut bosku yang sering bolak balik ke luar negeri...pihak bandara punya alat untuk ngecek software apa aja yang bajakan. Biasanya sih yang kena Office dan Adobe. So, be aware lah yang software nya pada bajakan. ga muna juga sih kalo aku juga punya software bajakan.hahaha Tapi mulai sekarang software bajakanku aku uninstall semua. Aku ganti ma yang free. Ga kalah bagus koq ma yang berbayar...

Paspor, Visa, Tiket Pesawat
Wah ini beneran jangan sampe ketinggalan. Masukin semuanya ke dalam teas kecil yang bisa dibawa kemana-mana.

Handphone dan Charger
Masukin charger ke dalam tas kecil yaa...supaya kalau waktu di bandara bisa ngecharge hape lagi. Persiapkan handphone yang bisa menghubungi orang rumah tanpa pulsa alias dengan internet. Misalnya Skype, LINE, Whatsupp, BBM, dsb. Hal ini mengantisipasi kalau kita bingung mau pakai kartu apa yang murah disana. Dan di luar negeri biasanya ada WIFI Public.

Colokan Pipih
Biasanya colokan di Indonesia beda ma colokan disana. Jadi siapin colokan yang bentuknya pipih dan lurus. Bukan pipih dan miring lho yaa...

Kosmetik
Bawa aja secukupnya. Jangan bawa banyak-banyak. Karena peraturan maskapai, liquid/ cairan hanya boleh beberapa mili liter aja. Lagian beli disana jga banyak koq.

Alat mandi
Bawa keperluan mandi kyak sabun n sampo yang skala kecil aja. Kalau terlalu besar bisa membebani berat bagasi. Bisa beli disana kalau sudah habis. At least cukup buat mandi 2 minggu disana lah.

Dokumen penting
Bawa dokumen-dokumen yang sekiranya penting untuk dibawa. Jangan dimasukkan ke dalam koper untuk dimasukkan ke dalam bagasi. Tapi, taruh di tas yang dibawa masuk ke dalam kabin pesawat.

Uang
Bawa uang secukupnya. Kalau bisa sudah ditukarkan ke mata uang negara itu waktu kita masih di Indonesia. Supaya tidak ribut sendiri untuk tukar di bandara. Cek ke bank jangan lupa. Bisa atau nggak bank yang kalian punya itu dipakai di luar negeri dan berapa charge nya untuk sekali penarikan uang.

Hmm...mungkin baru ini yang bisa aku share...ntar aku tambahin lagi kalau ada yang tiba-tiba keinget.hahaha

Semoga bermanfaat dan Happy Travelling... ^.^
Intan Web Developer

A Wife and PhD candidate to-be in National Taiwan University of Science and Technology. Dreamer, Writer, Traveller, and Tech Addict. Like to travel everywhere and experience anything.

No comments:

Post a Comment

Anda bisa memasukkan komentar tentang postingan di sini...Terima Kasih ^.^