15 January 2015

[#2Days1Book][Book Review] - Catatan Sang Insinyur



Muhammad Adil, seorang penulis tapi juga seorang teman bagiku. Seorang yang unik dan baik hati. Banyak hal yang bisa kukatakan tentang seorang Adil. Tapi, tidak. Kali ini aku tidak akan membahas tentang "personality" seorang Adil tetapi tentang karya nya. Karya pertama yaitu Catatan Sang Insinyut.

Bagi banyak orang, Insinyur adalah gelar seseorang yang lulus dari jurusan teknik. Gelar ini digunakan belasan tahun yang lalu (mungkin). Sekarang, gelar itu berubah menjadi Sarjana Teknik. Banyak hal yang tidak diketahui orang bahkan misinterpretasi dari apa yang sebenarnya dilakukan ataupun yang terjadi.

Buku ini merangkum secara baik segala hal yang berhubungan dengan insinyur baik ketika sedang dalam proses masa studi maupun usai. Dan yang lebih penting lagi... apa saja isinya?

Ada 4 bagian di dalam buku ini yaitu Fenomena Teknik, Humor dan Inspirasi, Gombalan ala Insinyur, dan Kata-Kata Bijak.

Fenomena Teknik menggambarkan tentang bagaimana banyak kejadian atau bisa dikatakan fenomena yang kadang berbeda dengan apa yang dipikirkan orang lain. Bagian ini membuat pembaca mengerti istilah-istilah teknik dalam kehidupan sehari-hari ynang salah interpretasi. Misalnya perbedaan antara motor dan generator.

Humor dan Inspirasi. Aku suka bagian ini karena Adil menjelaskan tentang berbagai inspirasi dalam dunia teknik secara humoris. Kadang disambungkan pula dengan bagaimana menarik hati seorang wanita. Interesting.

Gombalan ala Insinyur berbentuk komik. Mungkin bagi para penggila 9Gag akan mengerti maksudku. Aku membantu sedikit dalam pembuatannya. Cukup menarik karena kami harus berpikir kreatif bagaimana mengubah script menjadi gambar. Akhirnya penulis memutuskan untuk menggandeng dua orang kawan baik kami sebagai artis dadakan, Yulianti Asalui dan Eka Adi Prasetyo. Sesi foto juga dibantu oleh suamiku tercinta. Script yang lucu membuat kami tertawa terbahak-bahak ketika mencoba membuat dua artis dadakan memperagakan sesuatu. Tapi, hasilnya worthed.

Bagian yang menarik adalah ketika Adil, sang penulis, memasukkan kata-kata bijak dosen-dosen nya yang sangat menginspirasi. Contohnya adalah bagaimana seorang mahasiswa seharusnya berperilaku.

Karya ini adalah karya pertama nya dan semoga akan muncul karya berikutnya.

Pada akhirnya muncul sebuah pertanyaan... "Intan, kapan kau akan menghasilka karya?"

Jawabanku... "InsyaAllah, semoga... :) "
Intan Web Developer

A Wife and PhD candidate to-be in National Taiwan University of Science and Technology. Dreamer, Writer, Traveller, and Tech Addict. Like to travel everywhere and experience anything.

No comments:

Post a Comment

Anda bisa memasukkan komentar tentang postingan di sini...Terima Kasih ^.^