20 January 2015

Sunnah Fasting 2015


Kemarin aku dapat kalender puasa sunnah di tahun 2015 dari sahabatku. Setelah aku lihat, ternyata banyak sekali puasa sunnah di tiap tahun, aku nya saja yang malas dan tahunya hanya puasa Senin Kamis dan puasa Ramadhan. -___-"

Aku salut sama yang bikin kalender. Niatnya bagus banget karena mau membantu orang lain untuk ingat puasa sunnah. :) Semoga diberikan pahala yang luar biasa oleh Allah...

Oke, so karena penasaran dengan segala penanggalan di kalender ini, aku mencari sumbernya dan dapat di website ini : http://www.pustakasekolah.com/jadwal-puasa-sunnah-2012.html

Jadi...inti yang aku dapat adalah ada banyak jenis puasa. Diantaranya..



Puasa Senin Kamis
Mungkin hampir semua Muslim tahu tentang puasa sunnah yang paling sering dilakukan adalah puasa senin kamis. 

Puasa Ayyamul Bidh
Tiap pertengahan bulan Hijriyah di-sunnah-kan untuk melakukan puasa. Biasanya dilakukan selama 3 hari yaitu pada tanggal 13,14,15. Jika bertepatan dengan hari Tasyrik atau bulan Ramadhan, maka diperkenankan untuk tidak berpuasa.

Puasa Ramadhan
Kalau yang ini sudah tahu semua dan jelas bahwa kita sebagai umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh selama bulan Ramadhan.

Puasa Arafah
Dilakukan pada bulan Dzulhijjah, tepatnya pada tanggal 9 Dzulhijjah.
Setelah tanggal ini, akan ada Hari Tasyrik atau hari yang diharamkan untuk berpuasa yaitu pada tanggal 10,11,12 Dzulhijjah

Puasa Asyura dan Puasa Tasu'a
Dilaksanakan pada bulan Muharram tepatnya tanggal 9 dan 10 Muharram. Bisa juga tanggal 10 dan 11 Muharram. Pilih salah satu. Tidak boleh hanya tanggal 10 Muharram saja.

Puasa sebagian di bulan Syaban
Puasanya sebagian saja, tidak perlu penuh.

Puasa 6 hari berturut di Bulan Syawal
Di bulan ini di-sunnah-kan untuk melakukan puasa 6 hari berturut-turut. Tanggal nya boleh terserah tergantung kemampuan.

Puasa Daud
Mungkin ini puasa yang paling jarang dilakukan. Puasanya adalah berselang-seling kecuali hari yang diharamkan berpuasa dan diwajibkan berpuasa. Sehari puasa Sehari tidak puasa.

Puasa 1/3 Bulan Dzulhijjah
Hanya di bulan Dzulhijjah saja kita di-sunnah-kan untuk berpuasa sepertga bulan. Jadi kalo sebulan 30 hari, dibagi 3 jadi cuma 10 hari puasanya.

Itu dia banyak jenis puasa yang bisa kita lakukan sebagai umat Muslim.
Semoga bermanfaat dan puasanya tawadu'

Jazakallahu Khairan Katsiran

Intan Web Developer

A Wife and PhD candidate to-be in National Taiwan University of Science and Technology. Dreamer, Writer, Traveller, and Tech Addict. Like to travel everywhere and experience anything.

2 comments:

  1. Puasa ayyamul bidh itu lhoo yg saya belom pernah kesampaian... padahal Insya Allah nggak berat, ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum Rosa,
      InsyaAllah kalau tawadu' dan niat, bisa dilakukan.
      Puasa Ramadhan yang sebulan aja bisa harusnya puasa Ayyamul Bidh bisa juga kan?
      Ayo semangat puasa sunnah... ^^

      Delete

Anda bisa memasukkan komentar tentang postingan di sini...Terima Kasih ^.^