17 January 2015

"Nak, ibu kangen"


Dua tahun aku di Taiwan...mungkin hanya sekali dua kali ibuku mengatakan kangen. Itupun di awal ketika aku baru datang ke Taiwan hampir 2,5 tahun yang lalu.

Tapi...dalam jangka 4 bulan ini aku di Taiwan lagi setelah aku pulang september tahun lalu, hampir tiap minggu ibuku bilang "nak, ibu kangen..."

Saat aku bertanya... "kenapa bu? Koq sering kangen? Ga kayak dulu..."

Ibuku menjawab "nggak tau, Nak. Sejak kamu menikah, ibu jadi sering kangen"

Setelah kupikir...aku juga lebih sering kangen orang tua ku ketika aku masih single daripada ketika sudah berubah statusnya. Tapi, bukan karena suamiku tidak baik. Dia sangat baik dan perhatian. Hanya saja...ada rasa tersendiri yang membuatku seperti sudah bukan tanggung jawab orang tua ku lagi, tapi suamiku.

Aku tidak berpisah dengan orang tua ku, tapi ada rasa yang aneh ketika aku sudah tidak tinggal bersama orang tua ku lagi.

Dulu ketika masih single... Hidup bersama orang tua dan jarang berpisah itu hal lumrah tapi ketika sudah tidak tinggal bersama sebagai istri orang, menjadi hal yang tidak lumrah lagi.

Ibuku mengatakan...

Namanya orang tua, mau anaknya sejauh apa dan bagaimanapun ya tetep kangen dan sayang.

Rasanya....terharu dan merasa bersalah. Seperti belum memberikan yang terbaik ke orang tua.

Kangen bapak ibu dan adek adek di rumah...

Perubahan tidak hanya ke ibu saja tapi juga ke bapak dan adekku yang besar.

Tiba-tiba jadi sering telpon bapak. Padahal seumur hidup aku telpon bapak mungkin setahun bisa cuma sekali atau dua kali. Yang sering ke ibu. Tapi sekarang, telpon ibu ya telpon bapak juga.

Adikku yang palong besar bahkan blak blak an bilang kangen untuk pertama kalinya selama dia hidup 20 tahun. Hahaha wajar karena selama ini kami sering bertengkar... :p

Hmm... Perubahan dalam hidup yaitu menjadi istri orang menjadikan perasaan semua orang di rumah menjadi berbeda.

Rasa sayang yang dulu tidak diungkapkan, kini semakin sering diungkapkan dengan langsung.

I love my family...love my mom, dad, sisters, and brother...
Even I already married, I'm still part of our family.
I also always love and miss you all... :*

Intan Web Developer

A Wife and PhD candidate to-be in National Taiwan University of Science and Technology. Dreamer, Writer, Traveller, and Tech Addict. Like to travel everywhere and experience anything.

No comments:

Post a Comment

Anda bisa memasukkan komentar tentang postingan di sini...Terima Kasih ^.^