15 January 2015

[#2Days1Book][Book Review] - Khadijah



Khadijah, nama itu selalu ada di benakku sejak aku mempelajari sejarah Islam di bangku SD. Istri pertama Rasulullah yang memiliki jarak umur yang berbeda. Khadijah lebih tua dari umur Rasulullah Muhammad serta janda pula.

Pertanyaanku kala itu, pertanyaan anak kecil yang sampai beranjak dewasa tak pernah menemukan jawabannya, hingga novel karya Sibel Eraslan ini kubaca.

"Kenapa Allah memberikan seorang wanita yang lebih tua umurnya daripada Rasulullah? Padahal Rasulullah Muhammad kan seorang Rasul terakhir yang seharusnya istrinya cantik dan muda seperti nabi lain."

Mungkin karena aku tinggal di Indonesia, lebih tepatnya Pulau Jawa dimana budaya itu sangat mengikat serta pikiran "pasangan wanita lebih tua" itu adalah suatu hal yang tabu sehingga membuatku bertanya-tanya. Bahkan bisa jadi guru agama ku tak bisa menjawabnya.

Buku ini mengisahkan tentang kehidupan Bunda Khadijah, salah seorang wanita penghuni surga. Istri Rasulullah yang cantik, baik hati, dan kuat. Rasulullah adalah kekasih Allah yag tidak mungkin dititipkan kepada seorang wanita yang salah. Wanita itu harus berjiwa kuat, lemah lembut, baik hati dan tutur katanya, serta semua hal yang dibutuhkan oleh Rasulullah Muhammad. Wanita ini dididik oleh Allah melalui keluarga dan semua ujian yang ada. Sehingga membuatnya mampu ketika menjadi selimut Rasulullah.

Khadijah menjadikan ku yakin bahwa seorang istri adalah seorang yang harus selalu menghormati dan mempercayai suami apapun yang terjadi.

Khadijah adalah wanita pertama yang masuk Islam. Beliau tanpa mempertanyakan langsung segera mempercayai Rasulullah dan bersedia masuk Islam serta mendukung apapun yang terjadi pada Rasulullah.

Khadijah seorang wanita saudagar kaya raya yang bersedia menginfaqkan seluruh harta nya demi orang yang membutuhkan, baik sesudah maupun sebelum masuk Islam. Setelah Islam ada, hartanya dihabiskan untuk berdakwah di jalan Allah dan mendukung dakwah Rasulullah.

Khadijah melahirkan putra putri hebat. Didikannya sebagai ibu yang tangguh lagi baik hatinya serta didikan langsung Rasulullah menjadikan putra putri nya baik kandung maupun angkat sebagai pemimpin di masanya.

Buku ini menjelaskan tentang sejarah namun bukan buku sejarah. Menjelaskan secara apik dalam bentuk novel siapakah Bunda Khadijah dan orang di balik seorang Rasulullah Muhammad SAW.

Banyak hal yang bisa didapatkan, dipahami, direnungi, dan diteladani dari apa yang menjadi sifat Bunda Khadijah. Salah satu wanita penghuni surga.

Intan Web Developer

A Wife and PhD candidate to-be in National Taiwan University of Science and Technology. Dreamer, Writer, Traveller, and Tech Addict. Like to travel everywhere and experience anything.

No comments:

Post a Comment

Anda bisa memasukkan komentar tentang postingan di sini...Terima Kasih ^.^