25 February 2015

CNY Holiday Part 2 : Singapore in 1 Day

Minggu, 15 Februari 2015

02.00
Kami hanya punya waktu tidur sebentar karena baru sampai hotel jam 2 pagi. Hanya sekitar 15 menit saja dari bandara menggunakan taksi dengan fare yang lebih mahal sekitar $6 karena tengah malam.

Cukup terkejut, karena hotel yang kami tempati tidak sama dengan gambar yang ada di Booking.com. Kami menginap di Hotel 81 Orchid dimana kamar yang kami tempati hanya berukuran kurang lebih 3x3 meter. Saran ku kalau ke Singapura, jangan menginap di hotel 81 walaupun murah. Hotel ini punya banyak cabang sebenarnya dan tersebar di seluruh penjuru singapura dengan tambahan nama di belakang hotel 81. Misal seperti Orchid, Dickson, Hollywood, dsb.

Walaupun kondisi hotel yang kurang memuaskan...tidak membuat ku susah tidur. Kami tidak peduli yang penting bisa tidur untuk malam ini. Namanya juga capek. Haha

06.30
Alarm berbunyi dan membuat kaget karena khawatir telat shalat subuh. Herannya ketika kami melihat keluar jendela, langit masih gelap. Ini jam kami yang salah atau memang berbeda?

Setelah dicek, jam di Singapura emang agak aneh. Waktu mengikuti WITA atau sama dengan di Taiwan. Tapi, langit sama dengan WIT. Intinya sih kalo misal kita subuh biasanya jam 4.30, di singapura jam 6.30...

Perbedaan waktu yang aneh gini nih yang bikin jadwal kacau. Rasanya males banget buat bangun. Karena jam sudah jam 8 tapi langit kayak jam 6 pagi.haha Penasaran juga sih kita tentang jam sekolah dan kerja normal itu kapan. Terjawab ketika perjalanan ke bandara naik taksi besoknya ketika si pak supir bilang bahwa jam rush hour adalah jam 6.30 saat matahari pun belum muncul....haha

08.30
Setelah berusaha bangun, terlelap, dan bangun lagi...akhirnya kami berangkat juga. Berbekal peta offline yang kami download di Google Play yaitu Singapore Maps (kami nggak punya nomer pre-paid singapore untuk internet, sepertinya bisa dibeli di bandara) kami mencari MRT terdekat yaitu Kallang MRT station.

Kami pikir awalnya jarak tidak begitu jauh dari hotel. Ternyata...lumayan juga. Tapi tidak jadi masalah karena kami sudah biasa jalan kaki di Taiwan.

Jalanan cukup lenggang. Seperti bukan Singapore yang aku lihat di YouTube. Jalan raya pun sangat lebar, 6 lajur. Padahal Singapore ini kecil tapi punya sebegitu lebar dan luas nya jalan raya.

09.00
Sesampai di Kallang MRT Station, kami memutuskan untuk top-up MRT card kami supaya nantinya tidak perlu mengisi lagi di tengah perjalanan. Cara untuk mengisi MRT card ada dua yaitu :

1. Membeli lewat loket dekat pintu masuk MRT
  2. Menggunakan mesin pengisian yang bentuknya seperti mesin ATM

Karena kami tidak mau repot dengan belajar cara menggunakan mesin pengisian (males mode on haha), akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke loket. Sayangnya, orang yang menjaga kurang "ngeh" dengan apa yang kami minta. Jadi, kami ingin top-up sebesar $8 tapi malah diisi $10. Bisa jadi sih itu angka minimal pengisian.

Sebelum naik MRT, wajib bagi turis terutama yang belum pernah menaiki MRT sebelumnya untuk mengetahui tata cara naik MRT, yaitu:

1. Pastikan sudah membawa peta terbaru MRT Singapore yang bisa didapatkan di seluruh MRT station atau internet.
  2. Cari lokasi awal dan tujuan MRT station.
  3. Lihat di peta untuk station yang dituju itu titik akhir nya di station mana
  4. Lihat di plang penunjuk arah untuk naik ke MRT dengan tujuan akhir tadi.
  5. Jangan lupa untuk turun di sebuah station tertentu untuk transit jika diperlukan.
Contoh :

Aku dari MRT Kallang dengan tujuan akhir MRT HarbourFront. Jadi, aku harus naik MRT dengan tujuan akhir Tuas Link. Lalu, aku turun di Outram Park karena harus transit ke jalur ungu dengan tujuan akhir HarbourFront.

Ingat selama di MRT ada beberapa peraturan yang tidak boleh dilanggar jika tidak ingin didenda. MRT berbeda dengan KRL di Jakarta. haha Peraturan antar MRT tiap negara berbeda-beda tapi ada beberapa kesamaan, yaitu :

1. Mengantri di pintu MRT sebelum kereta datang
  2. Dilarang makan, minum, atau mengunyah permen di dalam MRT
  3. Ada kursi tertentu yang hanya diperuntukkan bagi kakek nenek, ibu hamil, orang tua yang membawa anak kecil, dan orang sakit.
  4. MRT akan datang tepat waktu, jadi jangan terlambat. Jika terlambat, jangan khawatir karena MRT selanjutnya akan datang beberapa menit kemudian.
09.45
Kami sampai di HarbourFront MRT station yang berlokasi di Vivo City Mall, mall terbesar di Singapore. Tujuan kami hari ini adalah bermain di Universal Studio Singapore yang berlokasi di Sentosa Island. Untuk menuju ke pulau kecil itu, ada dua cara yaitu:

1. Sentosa Express (Monorail)
    • Exit E di Vivo City Mall
    • Naik ke lantai 3 untuk naik Sentosa Express
    • Harga tiket $4, bisa menggunakan MRT card.
    • Keluar dari Sentosa Island gratis
  2. Cable Car
    • Start di Faber Peak, melewati Harbour Front station (lebih tepat nya Vivo City, berakhir di Imblah Station Sentosa Island.
    • Kalau mau mulai di Faber Peak, harus naik taksi karena tidak ada public transport yang menuju bukit di tengah kota.
    • Bisa juga mulai naik di Vivo City.
    • Harga tiket cable car $29

Untuk kali ini kami mencoba naik Sentosa Express dulu akibat budget terbatas. hehe

Disebut monorail karena cuma ada 1 gerbong dan depan belakang sama aja bentuknya. Jalannya maju mundur. Nah Sentosa Express ini melewati "laut" yang menuju Sentosa Island. Aku pikir perjalanan akan lama, ternyata cuma sebentar. Sekitar 5 menit sudah sampai di Waterfront Station Sentosa Island dan kami siap bermain di Universal Studio Singapore.

10.00
Sesampai di Waterfront Station, kami mencari papan penunjuk arah yang membawa kami ke bola dunia Universal Studio Singapore. Aku sempat mencari peta sebelum kami ke Singapore. Petanya sih besar dan ada review orang yang mengatakan bahwa cukup jauh jalannya. Ternyata dekat dan Sentosa Island itu kecil, tidak seperti yang aku bayangkan. Ada banyak sekali papan penunjuk jalan untuk menuju lokasi bermain yang diinginkan.

Karena kami harus menukarkan tiket USS yang kami beli di Asiatravel,com melalui teman suami, kami harus menukarkan bukti pembelian dengan tiket asli. Harganya kami dapat lebih murah sekitar $4 dari harga yang dibeli di USS. Lokasinya di basement parkiran mobil yang bisa diakses dengan eskalator turun ke bawah dekat USS Globe.

Sialnya, aku lupa membawa print-out bukti pembelian itu. >.< Untungnya aku sempat mendownload semua file kebutuhan jalan-jalan kami di Singapore ke dalam tablet dan si mbak penjaga memaafkan dan memberi kami tiket asli USS. Alhamdulillah..... ^^

Tiketnya panjang terdiri dari 3 jenis yaitu tiket asli, kupon makan diskon $5, dan kupon belanja diskon $5 untuk pembelian dengan kelipatan $35.

Kami pikir, kami sudah telat masuk karena jam sudah menunjukkan pukul 10.30. Ternyata, pintu masuk belum dibuka dan kami harus mengantri sangat panjang untuk masuk ke dalam USS. Sudah gugup rasanya lihat orang sebanyak itu mengantri karena khawatir antri masuk wahana yang panjang.

Ternyata ketika sudah masuk...tidak banyak orang yang mengantri wahana. Kami dengan leluasa masuk dari satu wahana ke wahana yang lain dengan nyaman. Paling lama mengantri sekitar 30 menit di wahana yang memang paling dicari. Ternyata wahana nya tidak sebanyak yang aku bayangkan. Dibagi menjadi beberapa tempat yaitu :

1. Hollywood
    • Saranku skip lokasi ini dulu karena isinya adalah tempat shopping. haha
    • Ada Sesame Street Show di jam-jam tertentu.
    • Jangan lupa mengambil peta USS dan jadwal show hari tersebut di tempat peta yang mudah ditemukan.
  2. Madagaskar
    • Sudah pernah menonton film nya kan? Ada Lion, Pinguin, Hippo, Zebra, Giraffe, dkk.
    • Attractions:
      • Madagaskar : A crate adventure
        • Naik ke kapal yang berisi banyak orang trus masuk ke dalam gua yang berisi cerita di film Madagaskar.
        • Bentuknya kayak patung yang bisa gerak gitu.
        • Ada layar yang menunjukkan adegan film nya yang pas bagian lagu "I like to move it move it" (sambil joget)
      • King Julien's Beach Party-Go-Round
        • Jelas ini buat anak kecil karena ini wahana carrousel jadi kami skip.
  3. Far Far Away
    • Yang suka film Shrek, disinilah tempatnya.
    • Bagi muslim, bisa membeli makanan di area ini karena Halal, namanya adalah Oasis Spice Cafe.
      • Enchanted Airways
        • Roller coaster kecil buat anak-anak tapi kami tetep naik aja karena dasarnya suka roller coaster. haha
        • Walaupun buat anak-anak, cukup cepet juga sampe miring-miring gitu.
      • Shrek 4D Adventure
        • RECOMMENDED
        • Bentuknya adalah show tapi di dalam gedung berbentuk castle dan bisa menambung ratusan orang dalam sekali show.
        • Kami diminta untuk duduk dengan memakai kacamata 4D di kursi yang bisa bergoyang, terkena hembusan angin, dan bahkan air ketika show dimulai.
        • Show nya adalah lanjutan film Shrek yang dibuat khusus untuk USS.
      • Magic Potion Spin
        • Tau ferris wheel kan? itu lhoo yang kayak gelas yang bisa berputar...
        • Karena kami nggak mau pusing dan mual setelah naik itu, kami skip. hahaha
      • Donkey LIVE
        • Lokasinya di dekat kursi luar Oasis Spice Cafe dan hanya ada di jam-jam tertentu saja.
        • Show Puss in Boots yang suka nari akan dilangsungkan di stage luar sebelah lokasi Donkey Live.
        • Sayangnya kami tidak sempat masuk ke dalam Donkey Live karena kami mengejar show lain yang lebih seru yang ada di....
  4. The Lost World
      • Water World
        • RECOMMENDED
        • Harus nonton show ini pada jam tertentu. Jam pertama adalah jam 13.30.
        • Yang mau basah-basahan silahkan duduk di barisan paling depan. hahaha
      • Canopy Flyer
        • Modelnya sih seperti roller coaster tapi nggak ngebut. Muter muter aja di atas gitu jadi bisa lihat seluruh USS.
      • Dino-Soarin
        • Untuk anak kecil yang suka sama dinosaurus. Bisa naik dan muter-muter.
        • So, we skip this.
      • Amber Rock Climb
        • Yang suka panjat tebing, mungkin suka.
        • Masalahnya kami nggak tau ini lokasinya dimana. Kayaknya nyempil di deket Water World deh.
      • Jurrasic Park Rapids Adventure
        • RECOMMENDED
        • Ini mainan arung jeram kecil tapi kapalnya bentuk bundar gitu trus dilepas di sungai buatan.
        • Siap basah kuyup deh kalau disini. Yang ga mau basah, silahkan bawa jas ujan. Kalau nggak bawa bisa beli disana.
        • Saranku, nggak usah beli jas ujan karena kalaupun toh basah keringnya cepet kok. Singapura kan panas kayak di Indonesia, haha
  5. Ancient Egypt
      • Treasure Hunters
        • Aku nggak terlalu paham ini bentuknya gimana karena kami skip.
        • Lokasi juga membingungkan karena tertutup gedung besar Revenge of the Mummy.
      • Revenge of the Mummy
        • RECOMMENDED
        • Masukkan barang ke dalam loker yang sudah disediakan karena tidak boleh membawa barang masuk ke dalam. Lokernya gratis untuk 45 menit pertama.
        • Antri nggak panjang waktu itu dan kami muter muter di dalam gedung besar yang ternyata gelap banget. Serasa masuk ke dalam area mummy beneran haha
        • Di dalam nya ternyata adalah roller coaster, tapi bukan yang biasa. Skala nya adalah Sangat Cepat!!! dan gelap. Dibumbui dengan berbagai desisan, suara yang bikin merinding, patung mumi yang tiba tiba muncul, dsb.
  6. Sci-Fi City
    • Lokasi ini diberntuk sedmikian hingga kayak masa depan. haha
    • Bisa foto sama Bumblebee juga lho...
    • Attraction
      • Accelerator
        • Ini adalah roller coaster terbesar di USS. Highly recommended sih harusnya. Sayangnya waktu aku kesini, lagi ditutup karena sedang diperbaiki. =.="
      • Transformer The Ride: The Ultimate 3D Battle
        • HIGHLY RECOMMENDED
        • Sudah pernah liat film Transformer kan? disini kita akan naik mobil yang ceritanya bisa berubah jadi robot. Tapi, ga cuma sekadar naik mobil aja.
        • Kita diminta untuk pake kacamata 3D dan kita bakalan jadi "recruits" yang membantu melawan robot jahat (lupa namanya). Bedanya adalah ini 3D. Jadi kita dibuat maju mundur belok kanan kiri jumpalitan seakan-akan kita sedang ada di dalam pertarungan.
        • Keren abiiisss!!!
        • Tapi bagi yang suka mabuk darat, ati-ati yaa... keluar dari sini udah kayak naik mobil dengan kecepatan super.
  7. New York
    • Attractions:
      • Lights, Camera, Action! Hosted by Steven Spielberg
        • RECOMMENDED
        • Bagi yang pingin tau gimana sebuah studio biasa bisa disulap menjadi sebuah adegan kota yang terkena hurricane, wajib masuk ke sini.
      • Sesame Street, Spaghetti Space Chase
        • Sebenernya ini buat anak-anak tapi kami tetap masuk karena dasarnya sejak kecil aku suka banget sama Sesame Street. haha
Dari sekian banyak wahana yang aku naiki, aku urutin dari yang paling highly recommended sampai recommended :
  1. Transformer The Ride: The Ultimate 3D Battle
  2. Water World
  3. Revenge of the Mummy
  4. Jurrasic Park Rapids Adventure
  5. Shrek 4D Adventure
  6. Lights, Camera, Action! Hosted by Steven Spielberg
15.00
Dalam waktu sekitar 5 jam kami muter-muter keluar masuk wahana, kami siap berbelanja di area Hollywood. Tentu saja dengan memanfaatkan kupon diskon kami. haha

Sebenarnya tujuan ku membeli souvenir cuma satu, yaitu Universal Globe. Tapi karena melihat ebgitu banyak barang lucu, akhirnya beli yang lain juga. Mas putu suamiku bahkan mendapatkan gelas berbentuk lensa kamera. haha

Bagaimana dengan makan? Saranku jangan makan di dalam jika budget terbatas. Mahal bangeeeeettt.... Misal di luar kita makan $4 udah kenyang, disana cuma dapet snack. =.="

16.00
Kami keluar dari USS dan kembali ke hotel untuk istirahat sebentar karena rasanya capek bukan main ditambah dengan kurang tidur.

19.00
Setelah beristirahat sejenak di hotel, kami memutuskan untuk pergi mencari makan malam di Arab Street yang menjual aneka makanan halal. Lokasinya adalah di dekat MRT Bugis dan jalan menuju Masjid Sultan.

Salah seorang teman mas putu merekomendasikan sebuah tempat makan enak dan berusia hampir 100 tahun yang bernama Victory dan menjual Murtabak (di Indonesia namanya Martabak) dan Biryani. Lokasi berada tepat di depan Masjid Sultan. Harga di bawah $7 dengan porsi luar biasa besar.

20.30
Kenyang...ngantuk jelas. Tapi rasanya nggak puas rasanya kalau tidak jalan-jalan di sekitar area Masjid Sultan. Ternyata ramai dengan orang nongkrong. Tapi adzan baru saja berkumandang untuk shalat isya' sehingga ada banyak toko yang tutup.

21.30
Awalnya kami mau langsung pulang saja karena mas putu sudah setengah watt matanya. hahaha Tapi setelah makan, baterai nya ter-charge sehingga kami memutuskan untuk melanjutkan rencana awal ke Merlion Park.

Jika mau kesana, MRT terdekat adalah Raffles Place MRT. Dari sana jalan keluar dan untuk menuju kesana harus masuk ke dalam hotel Raffles dan mengikuti penunjuk arah ke Merlion Park. Karena tidak ada jembatan penyebrangan di area itu sehingga harus lewat jalur bawah tanah.

23.00
Setelah berfoto ria, kami memutuskan untuk kembali ke hotel karena khawatir ketinggalan MRT terakhir. haha Lagipula, besok kami harus bagun pagi buta (di Indonesia sih udah siang) karena harus ke bandara mengejar pesawat pulang ke Indonesia.

Intan Web Developer

A Wife and PhD candidate to-be in National Taiwan University of Science and Technology. Dreamer, Writer, Traveller, and Tech Addict. Like to travel everywhere and experience anything.