19 February 2015

CNY Holiday Part 1 : Flight to Singapore

Saturday, 14 Februari 2015

Liburan Chinese New Year 2015 kali ini kami sempatkan untuk pulang ke Indonesia. Bisa dibilang wajib pulang karena lebaran tahun ini belum tentu bisa pulang karena di Taiwan ga ada libur lebaran. Mas putu mau cuti juga ga bisa karena pas di bulan-bulan sibuk... Baiklah kami pulang liburan kali ini ke indonesia. Ibu ku juga sudah sering bilang kangen sama anak sulung nya yang paling kece ini... Haha

Tapi, sebelum pulang, kami memutuskan untuk mampir sebentar di Singapura. Alasan awalnya sih karena Mas Putu iri sama aku yang udah pernah liat Merlion walopun cuma transit beberapa jam di Singapore. Haha Karena aku pingin jalan-jalan di Universal Studio Singapore, akhirnya kami memutuskan untuk beli tiket PP taiwan singapore dan di tengahnya beli tiket PP singapore Indonesia, karena bisa dibilang harga tiket pesawat lebih murah.

Tapi...sayangnya...penerbangan ke Singapura sore dari Taiwan dan transit di Hongkong selama 2 jam...plus delay. Dari tiket awal sih bilangnya nyampe singapura tengah malem. Mau nggak mau kami harus pesen hotel yang mana hari sebelumnya keitung juga...ga mungkin donk kita tidur di bandara sedangkan paginya harus ke USS.

Agak sial penerbangan dari Taiwan .... Karena kami kena masalah di counter check-in maskapai yang kami tumpangi, yaitu Cathay Pacific. Kami sering nih naik maskapai ini kalau pulang karena full service yang murah dan transit di hongkong. Tiketnya kami beli lewat online menggunakan kartu kredit mama di indonesia. Ketika check-in, kami tidak pernah disuruh menunjukkan kartu kredit. Tapi kali ini berbeda, kami disuruh menunjukkan, tapi kan kartu nya di mama, di indonesia. Petugas nya sih bilang suruh foto aja trus kirim lewat Line. Tapi.... Hape mama itu hape jadul yang ga bisa dipake internet...mama aja pake internet ga bisa. Fax juga mama ga mau karena resiko. Akhirnya...terpaksa kami bayar lagi seharga tiket pesawat...meeeennnn....12juta ludes. ==" walaupun sebenarnya mereka akan refund, tapi sebulan prosesnya....luar biasa.

Tapi...walaupun kena masalah di bandara, aku bersyukur. Kenapa begitu?

Pertama...rencana awal kami berangkat jam 12 siang dari rumah karena pesawatnya sore sekitar pukul 4.20... Tapi ternyata kami bisa berangkat lebih awal. Sekitar jam 12.30 kami sudah sampai bandara dan makan siang di Halal Restaurant bandara sebelum check-in. Seandainya kami berangkat lebih siang, mungkin kami akan ketinggalan pesawat karena harus mengurus keberangkatan yang bermasalah ini.

Kedua...ternyata kami menyimpan uang lebih sebelum pulang. Sehingga bisa membayar uang refundable. Cash untuk selama di singapura sudah ditukar seminggu sebelumnya dan juga cash untuk di indonesia sudah dikirim ke rekening indonesia. Alhamdulillah sangat...

Ketiga...Jadwal pesawat asli kami...delay!!! Karena kami sekitar pukul 3 sore sudah selesai mengurus tiket, saat check-in keberangkatan kami dimajukan ke pesawat yang lebih awal supaya penerbangan dari hongkong ke singapura tidak terlambat.

Rasa syukur yang luar biasa...dan juga pembelajaran yang luar biasa kepulangan kali ini yaitu dilarang emosi saat terkena masalah.

Pesawat kami Alhamdulillah mendarat dengan selamat di Changi International Airport Singapore ... Terlambat dari yang seharusnya yaitu sekitar pukul 1 pagi.

Perjalanan ke hotel memakan waktu 15 menit menggunakan taksi, karena sudah tidak ada MRT dan bus lagi. Tapi sebelumnya kami membeli kartu MRT yang disediakan di counter agem wisata yang buka di bandara supaya paginya kami tidak perlu bingung mencari.

Dari pengalaman kartu kredit ini, Akhirnya kami mencoba untuk membuat kartu kredit di salah satu bank swasta di indonesia. Ternyataaaa tidak bisa juga. Karena proses verifikasi pengajuan kartu kredit yang merepotkan.

Misal kami ini ada rumah dI surabaya tapi kerja di jakarta, maka dokumen akan dikirim ke kntor cabang di jakarta untuk mengecek kantornya asli atau palsu. Sedangkan mereka tidak punya kantor dI taiwan. Hal ini berlaku sama untukku yang mahasiswa.

Solusinya adalah kartu tambahan orang tua...hmmm baiklah tidak ada solusi lain... =="

Cerita selama di USS, akan kuceritakan di part selanjutnya... :)
Intan Web Developer

A Wife and PhD candidate to-be in National Taiwan University of Science and Technology. Dreamer, Writer, Traveller, and Tech Addict. Like to travel everywhere and experience anything.