22 April 2013

Berbagai Organisasi Kemahasiswaan di Taiwan


Namanya juga di lingkungan mahasiswa...organisasi itu pasti ada. entah dalam skala kecil, menengah, atau besar. Tergantung lingkup organisasi itu sendiri.
Biasanya orang menganggap...bahwa organisasi hanya bisa diikuti oleh mahasiswa S1. Tapi salah kalo menganggap itu. S2 dan S3 pun masih bisa ikut organisasi mahasiswa. Bahkan ada juga yang sudah berkeluarga mengikuti organisasi kemahasiswaan. Karena mahasiswa S2 dan S3 cenderung tidak sebaya. Jadi, pergaulan jadi semakin luas kan kalo begitu? :)


So, untuk di Taiwan sendiri...ada organisasi apa aja sih?


NTUST-ISA (Indonesian Student Association)
Karena aku berdomisili di NTUST, maka aku nyebut nya NTUST-ISA. Tapi, hampir semua kampus yang ada mahasiswa Indonesia nya, kayaknya udah pasti ada ISA nya deh. Yah walaupun ga semua. Karena mungkin ada beberapa univ yang mahasiswa nya terlalu sedikit, sehingga ga ada ISA nya. Nah ISA ini ngapain? dy bakalan bantu mahasiswa Indonesia yang ada di kampus. Misal, jemput maba di badanara, bantuin ngurusin registrasi, ngadakan Indonesian Culture Exhibition, dsb. Plus kalo misal ada regulasi kamps yang agak sedikit merugikan mahasiswa Indonesia yang di kampus, NTUST ISA akan menindaklanjuti dengan berbicara ke pihak kampus tntang masalah itu. Intinya sih, mengayomi mahasiswa Indonesia yang ada di kampus sih...
more information go to : http://ntust-isa.org/
atau ke http://ice2013.ntust-isa.org/

NTUST-IMSA (International Muslim Student Association)

Ini organisasi skala menengah di dalam kampus. Kenapa bisa dibilang menengah? karena isinya semua mahasiswa muslim yang ada di kampus dari berbagai negara. Indonesia, Bangladesh, Thailand, Jordania, Mesir, India, dan lain sebagainya. Asik banget kalo udah ketemu sama saudara beda negara. Loyalitas tinggi dengan membawa nama Islam di negara yang penduduk muslim nya itu minoritas banget. Kegiatan yang dilakukan sih selama masih berkutat di International Muslim Culture Exhibition.
more information go to : http://ntust-imsa.com/

FORMMIT (Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan)

Organisasi muslim terbesar se Taiwan. Tidak hanya merangkul mahasiswa tapi juga membantu para TKI yang bekerja di Taiwan. Formmit dibagi menjadi beberapa struktur wilayah yaitu Utara, Selatan, dan Tengah. Yah jelas karena Taiwan itu 3/4 nya Jawa. Kalau ga dibagi bisa kacau.hahaha Nah yang dilakukan oleh formmit itu banyak misal seperti berbagai pelatiha untuk mahasiswa maupun TKI, sekolah kecil di masjid, acara tausyiah, bahkan conference skala international bernama AISC-Taiwan.
more information go to : http://www.formmit.org/
atau ke http://ic3t.org/aisct2013

PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Taiwan
Nah kalo ini organisasi mahasiwa terbesar se-Taiwan. Dia mengakomodir semua kebutuhan mahasiswa yang ada di Taiwan dan menghubungkan ke KDEI (Kantor Dagan dan Ekonomi Indonesia) di Taiwan. Hampir di setiap kota di Taiwan ada perwakilannya. MIsal PPI Taipei, PPI Tainan, PPI Taichung, dan lain sebagainya.
More information go to : http://ppitaiwan.org/

Sebenernya selain ini semua, ada berbagai macam organisasi lainnya sih... tapi, aku bingung itu organisai atau bukan...haha karena bisa i=dibilang kita belajar untuk bekerja disana seperti

Radio PPI Dunia
Radio mahasiswa yang berbasiskan streaming di website nya. Penyiarnya itu dari seluruh dunia. Termasuk Taiwan.
More information go to : http://radioppidunia.org/

Universitas Terbuka Taiwan
Mahasiswa yang tergabung di dalamnya bisa milih... mau jadi badan pelaksana atau tutor. Kalau badan pelaksana, dilatih untuk tidak dibayar alias social worker. Sedangkan untuk tutor digaji, tapi tiap semester dan gaji nya juga ga sebanyak dosen. UT ini mengakomodir para TKI yang ada di Taiwan yang ingin meanjutkan sekolah ke jenjang S1. Dan proses belajarnya dilakukan melalui e-learning system. Hampir di setiap negara ada UT nya dan jelas ini programnya kemdiknas di Indonesia.
More information go to : http://ut-taiwan.org/
Intan Web Developer

A Wife and PhD candidate to-be in National Taiwan University of Science and Technology. Dreamer, Writer, Traveller, and Tech Addict. Like to travel everywhere and experience anything.

No comments:

Post a Comment

Anda bisa memasukkan komentar tentang postingan di sini...Terima Kasih ^.^