16 September 2012

Mass Rapid Transit (MRT) Taiwan


Sarana transportasi di Taiwan selain sepeda, taksi, dan bus adalah MRT atau Mass Rapid Transit (baru tau waktu nyari kepanjangannya MRT.hahaha) MRT itu bentuknya kayak KRL di jakarta tapi lebih bagus, besar, dan nyaman.


Di tiap stasiun MRT ada mesin penjualan tiket naik MRT. Tapi bentuk tiketnya kayak koin plastik yang buat mainan di timezone.hehe Uniknya mesin itu bisa ngeluarin uang kembalian lhoo... Dan tiap tujuan punya harga yang berbeda. Bntuk mesin nya pun touch screen. Ada juga mesin penukaran uang. Misal nih kita cuma punya uang kertas 1000 NT. Pingin ditukerin jadi pecahan 500, 100, dan 50. Itu bisa banget. Masukin aja uang kertasnya.
Pilih menunya dan taraaa keluarlah duitnya. Jadi ga perlu bingung nukerin ke warung dulu kayak di Indonesia.hehe



Masuk nya juga harus ngelewatin mesin. Koin plastiknya ditempelin aja. Ntar buka sendiri gate nya. Ada orang yang pake kartu kalo mau masuk. Kartu itu kartu prabayar. Kalo student bisa pake student ID dan beli pulsa MRT nya bisa di 7 eleven kampus.



Pernah ada temen tanya ke senior...kalo misal beli tiket ke tujuan A trus kita ke tujuan B bisa apa nggak?  Dan jawabannya adalah Ga Bisa. Karena di akhir pemberhentian kita harus masukin koin plastik ke pintu keluar. Jadi harus bener milih koinnya...

Orang Taiwan sudah biasa antri. Jadi ga ada tuh yang namanya saling serobot. Langsung antri di belakang yang lain. Bahkan termasuk kalo di eskalator. Uniknya ketika mereka naik eskalator, bagian kanan bagi yang mau diem sampe atas dan bagian kiri bagi yang mau naik ke atas sambil jalan. Teratur banget kan? xixixi

Stasiun MRT ada di bawah tanah...dan luas banget. Tiap mau naik kereta semua orang harus antri di waiting line yang sudah ada. Aku pernah ada kejadian...aku ada di depan sendiri waiting line tiba2 ada ibu-ibu pake bahasa mandarin ngomong ke aku. aku bingung secara ga ngerti. nah ada temenku yang bisa bahasa isyarat akhirnya dia bilang k aku.."Tan, kamu kurang maju". what?? padahal tuh cuma satu langkah sari waiting line warna kuning. parah banget...haha Disitulah aku belajar...orang Taiwan adalah orang yang disiplin dan patuh pada peraturan.
Di deket waiting line..digantungin semacam layar yang menandakan kereta mana yang akan datang dan tiba pukul berapa. Dan benear-benar tepat waktu. Kereta hanya berhenti 10 detik dan alarm akan berbunyi yang menandakan kereta akan berangkat. Kalo kita jalannya pelan waktu mau masuk ke kereta, bisa diomelin orang. Jadi intinya...cepat.haha Dalemnya MRT itu lebih luas daripada KRL di Indonesia. Dan bersih banget. Ada peraturan bagi yang naik kereta...dilarang makan atau minum!! Kalo sampe melanggar dan ketauan..dendanya 7000 NTD kalo dirupiahin sekitar 2,1 juta. Dan di tempat. Bahkan makan permen aja ga boleh lhoo...hmmm....

Bagi stasiun yang merupakan stasiun transit dan merupakan stasiun yang ckup besar..maka di tiap pintu masuk kereta tapi di stasiunnya dikasih pembatas. Ini menghindari orang-orang yang terlalu banyak sehingga bisa jatuh ke lintasan kereta. Bagus banget kan? Pintu pembatas itu akan terbuka ketika kereta berhenti dan pintu kereta membuka. Dan pintunya itu mbuka pas di depannya pintu pembatas. Akurat banget waktu kedatangan dan lokasinya.
Intan Web Developer

A Wife and PhD candidate to-be in National Taiwan University of Science and Technology. Dreamer, Writer, Traveller, and Tech Addict. Like to travel everywhere and experience anything.

No comments:

Post a Comment

Anda bisa memasukkan komentar tentang postingan di sini...Terima Kasih ^.^