06 December 2013

Contoh Surat Rekomendasi or Letter of Recommendation


Biasanya yang nyari tentang contoh surat rekomendasi adalah yang mau kuliah S2 / S3... karena emang ga bisa dipungkiri sebagian besar universitas memiliki persyaratan pendaftaransurat rekomendasi oleh dosen atau siapapun mengenai diri pelamar.


Okay...so, pertanyaan pertama... "Siapa yang perlu aku mintain surat rekomendasi ya?"
Jawabannya...
Dosen yang paling dekat dengan kita saat di bangku kuliah S1 (untuk yang mau S2) atau S2 (untuk yang mau S3)... kenapa? karena mereka yang paling mengerti tentang akademis kita sejak awal kita menginjak kampus itu...dan dia bisa memberikan kalimat yang bagus untuk sura rekomendasi kita.
Professor di jurusan adalah seorang yang bagus untuk dimintain...karena biasanya kampus tujuan akan mencari nama pemberi rekomendasi atau bahkan mengontak mereka. Semakin tinggi jabatannya atau semakin banyak research yang menghasilkan paper, kemungkinan diterima akan tinggi.

Pertanyaan kedua... "Isinya seperti apa?"
Setelah aku googling dan searching (sama aja ya? :p) ada beberapa hal yang bisa dijadikan patokan...Biasanya kalo kita minta ke seseorang, dia akan menjawab "kamu bikin draft nya ya...nanti saya edit". Nah ini nih yang repot...apa yang mau kita tulis? -.-" dan jawabannya adalah.... BE PROUD OF YOURSELF a.k. Narsis dipersilahkan... hahaha
Surat rekomendasi itu pastinya merekomendasikan kita buat masuk k erguruan tinggi tertentu...dan supaya diterima, isinya yang baik-baik doank donk... nah baik-baik ini yang kayak gimana? Silahkan nge-bluff tapi ga boleh bohong!!
Contoh : Intan adalah seorang mahasiswa yang pandai dan mengikuti berbagai organisasi. Dia juga pernah meraih juara A dan B. Dia juga aktif di Lab C dimana saya menjadi koordinator.
Itu kenyataan...dilarang bohong!! kalau bohong trus dikonfirmasi ternyata salah...Anda sendiri yang salah.hohoho

Pertanyaan ketiga... "contohnya ada ga?"
Ada donk... silahkan dicek... ^o^


Letter of Recommendation
Attestation to: Ms. Lala

To Whom It May Concern

I am proud to recommend a good student, Lala De Lopez, for PhD program in Department of Cooking Ohlala University.  I was asked to write as one who has functioned in capacity of Dean of Cafetaria Engineering Ohlala University, but I would first like to say a few words about her as a student.
lala is an extraordinary young woman.  I know her since 1990 when she was born. I have seen many examples of her talent and have long been impressed by her diligence and work ethic. I understand that Lala is applying to PhD Program in the Department of Cooking at Ohlala University. I would like to recommend her for admission.
She has been assisting as research assistant in Cake Laboratory since 2010. She performed it very well. She also joined several organizations in here, such as Cooking Demo Organization and How to Cook Well. 
According to her excellent performance and her skills, I believe that she could succeed in her study. I strongly recommend Lala for post-graduate studies toward doctoral degree at Ohlala University. If I can be of any further assistance, or provide you with any further information, please do not hesitate to contact me.

Oklahoma, November 27th, 2013
  
Lupos D'pont
Dean of Cafetaria Engineering
Ohlala University

Email: lupos@gmail.com

So...that's the example... bagaimana menurutmu? Semoga bermanfaat... if you have anything to ask, please let me know... ^o^
Intan Web Developer

A Wife and PhD candidate to-be in National Taiwan University of Science and Technology. Dreamer, Writer, Traveller, and Tech Addict. Like to travel everywhere and experience anything.

1 comment:

  1. informasi yang bagus. terima kasih sangat membantu...

    ReplyDelete

Anda bisa memasukkan komentar tentang postingan di sini...Terima Kasih ^.^