30 September 2013

Riding a Motorbike in Taiwan


Finally...aku bisa merasakan yang namanya Nyetir di Taiwan...bukan mobil sih tapi motor dan motornya bukan motor bebek biasa tapi scooter alias motor matic.
Kalau ditanya gimana rasanya...deg deg an bookkk....
Gimana mau ga deg-deg an... udah ga punya SIM...helm nya pake helm panci atau helm cibuk kalo temen SMA ku bilang...trus ngebut pula...hahahaha



gambar di atas itu bukan aku.... --" tap ilustrasi pengedara motor di Taiwan. Sayangnya kemaren ga semepet foto-foto sama si scooter... :))
Hal yang paling lucu ketika naik scooter di Taiwan adalah...

1. Ga ada satupun scooter yang bagus. semuanya jelek. pendek. kotoooorrr...dan biasanya cuma cukup dipake buat 2 orang boncengan dan yang dibonceng udah mentok buanget duduknya sampe k blakang.

2. Body nya si scooter gedhe. alias bisa dimasukin 2 helm di dalem nya. asli gedhe banget. kalo misal dimasukin helm full face kayaknya cukup tuh.

3. Kunci buat nyalain motor, kap bensin, dan si body nya yang buat duduk itu...di satu tempat. jadi cara muter nya aja yang beda. unik banget.


4. Kalo nyetir motor dan mobil...inget. di KANAN. bukan di kiri kayak di indonesia. Ini nih yang repot. Karena biasa nyetir di kiri, bawaannya maunya ke kirriiiii mulu. alamat di klakson mulu deh sama mobil. hahaha

5. Kalo nyampe lmpu merah, ada tempat buat motor berhenti. Khusus buat motor. dan biasanya ada di paling depan. depannya mobil dan deket lampu merah. Bentuknya kotak.

6. Mau belok kemana aja ada lampu merahnya...jadi harus ati2...tapi anehnya kalo pas satu sisi ada orang nyebrang udah ijo...trus sisi lain motor mobil boleh lewat, anehnya boleh k arah kiri mobil n motor dengan kata lain bisa nabrak orang-orang yang mau nyebrang...--"

7. Trus...ada rambu-rambu yan rada aneh menurutku... kalo ada motor mau belok k kiri...dia harus masuk k kotak di jalan sebelah kanan yang menghadap k arah jalan yang mau dituju. istilahnya puter balik. tapi puter balik di kotak. aneh.

8. Semakin k selatan kita nyetir...akan semakin kerasa "ngebut" nya... orang Taiwan itu aneh. semakin daerahnya di selatan, esensi mengebutnya semakin terasa. kalo kata temen sih mungkin gara2 mendektai tropis, jadi kan panas. kalo panas pengen cepet pulaangg aja. dan bawaannya emosi. yaa so so lah sama di Indonesia. hahaha

9. Kalo ada orang kecelakaan....DON'T HELP. aneh kan? orang kecelakaan koq ga ditolong? --" tapi kenyataannya hampir di semua traffic light yang ada di Taiwan ada CCTV nya dan kalo ada orang kecelakaan, ambulance langsung datang segera. Emang sih kalo ditolongin dan ornagnya patah di beberapa bagian tubuh bisa tambah parah. itu alasan kenapa koq ga boleh ditolongin.

10. Pejalanan kaki itu NOMOR 1. Jadi, mengutamakan pejalan kaki itu prioritas. enak banget kalo jalan di Taiwan tuh...semua ngalah kalo ada orang jalan kaki. hwehehehe

So, that's all...yang aq perhatikan selama aq nyoba nyetir dan berkali-kali di klakson...untungnya ga ada polisi...hahaha
Kapan2 coba bikin SIM di taiwan aaahh... ^^

Intan Web Developer

A Wife and PhD candidate to-be in National Taiwan University of Science and Technology. Dreamer, Writer, Traveller, and Tech Addict. Like to travel everywhere and experience anything.

No comments:

Post a Comment

Anda bisa memasukkan komentar tentang postingan di sini...Terima Kasih ^.^