10 September 2013

Fenomena Berita di Indonesia


Tulisan ini aku buat setelah mengalami "culture shock" untuk pertama kalinya di negara sendiri. Mungkin bisa dikarenakan satu tahun ga pernah lihat tivi...kalaupun liat ya streaming itupun ga semua dan ga lengkap dan ga tiap hari. Televisi di sini dalam artian siaran televisi Indonesia.

Sekitar 1,5 bulan yang lalu dari sekarang aku pulang ke indonesia untuk liburan. Yah namanya juga mahasiswa...kalo ada libur pulang donk. Apalagi pas banget sama lebaran. Nah hal pertama yang kulakukan waktu sampe rumah adalah nonton tivi (setelah bebenah). Dan....aku mengalami sedikit "kebengongan" (vocab baru) ...Berita di indonesia emang banyak banget jenisnya. coba kita bahas satu-satu yah...

INFOTAINMENT a.k. Celebrity Gossip



Udah ga bisa dipungkiri lagi namanya selebriti itu di Indonesia melebihi berita tentang presiden. Tiap kali ada berita sedikit aja tentang selebriti langsung deh gempar. Contohnya misal anak artis si A sakit , artis B putus sama C karena C selingkuh sama D, anak artis E nabrak orang , artis F bertengkar, dan yang paling seru artis G cerai sama artis H (paling banyak terjadi)

Lebih hot lagi kalau misal ada artis baru yang bikin trend. Misal kayak Goyang Keep Smile, Goyang Itik, dan lain sebagainya. Beuh itu yang namanya trend bisa sampe kemana-mana. Walaupun itu bisa dibilang ga ada nilai edukasi nya sama sekali. Akhirnya adek-adekku yang masih kecil itu jadi ngikutin dan ASLI menurutku dan orang tua ku itu sangat tidak mendidik. --"

Apalagi akhir-akhir ini muncul berita artis I yang tunangan dengan pengusaha J dengan pesta pertunangan yang sangat super mewah eh ga taunya si J ini penipu dan berganti-ganti identitas serta udah pernah deketin artis K,L,M, dan lain sebagainya... --"

Question for myself at that moment..
and maybe for you too..."why this happened? kenapa koq berita artis lebih fenomenal daripada berita yang lain? mana aneh pula dan tidak mendidik..."

NEWS



Bagi yang masuk katagori ini berarti berita yang ada di Headline News berbagai media pertelevisian Indonesia. Yang bikin shock adalah...kebanyakan berita yang muncul adalah pembunuhan, penyiksaan, mutilasi, pemerkosaan, kasus korupsi, dan lain sebagainya.

Hmm...kenapa ya koq beritanya ndak ada yang bagus? aku mengharapkan ada berita kayak anak bangsa yang menang lomba olimpiade, penyetaraan perekonomian daerah, pengembangan Indonesia, sistem pembelajaran di sekolah, dan yang seperti itu lah...

Seolah-olah yang terjadi di Indonesia itu hal yang buruk semua dan akhirnya membuat orang bisa berpikiran bahwa Indonesia itu apa nya sih yang baik? dan akhirnya cenderung meremehkan bangsa sendiri. Yaa walaupun tidak semua orang seperti itu. Ada juga yang ingin membangun bangsa dengan memperbaiki semua itu. Tapi sebagian besar yang aku lihat dari teman-temanku entah yang kuliah di Indonesia atau pun di luar negeri akhirnya beranggapan "yah...namanya juga Indonesia..."

Kadang sih kalau dipikir dari sisi yang berbeda...rada menghibur juga beritanya. Karena adaaaa aja yang aneh-aneh dimasukin. Bikin ketawa orang akhirnya bukannya malah mendoakan. haha

Peran media pun ada disini. Menurutku pribadi...media di Indonesia itu agak keterlaluan dalam membuat sebuah berita. Kadang beritanya provokatif sehingga membuat orang2 yang diberitakan merasa tidak enak hati dan menjadi fitnah. Ini yang bahaya. Seperti kata Pak Ahok, wagub Jakarta yang mengatakan bahwa dia sudah capek menjelaskan karena wartawan keterlaluan.

Emang sih aku belum pernah jadi wartawan...but aku punya teman seorang wartawan dan dia mengatakan berita terkecil apapun bisa jadi berita dan bisa jadi sensasi. Emang bener apa yang dia katakan. tapi sensasi yang seperti apa? Sensasi yang kurang mendidik atau sensasi yang mendidik?

Aku cukup bangga koq dengan media di Indonesia yang memberikan berita terkini tentang Indonesia. Tapi ya kadang kalau beritanya gag jelas juga apa yang bisa dibanggakan. Bukannya mencerdaskan bangsa tapi malah menjatuhkan moral bangsa.

Akhirnya kita yang mau cari berita di Indonesia pun bingung....yang harus dipercaya yang mana? berita nya atau orang nya? --"
Intan Web Developer

A Wife and PhD candidate to-be in National Taiwan University of Science and Technology. Dreamer, Writer, Traveller, and Tech Addict. Like to travel everywhere and experience anything.

No comments:

Post a Comment

Anda bisa memasukkan komentar tentang postingan di sini...Terima Kasih ^.^