29 December 2014

Disappointment.



Kayaknya kecewa itu biasa... Tapi enath kenapa kecewa yang kali ini luar biasa. Bukan karena hal yang biasa, tapi cukup luar biasa sehingga menimbulkan pertanyaan "kapan lulus?"

Yah... namanya mahasiswa PhD atau biasa disebut S3... advisor atau pembimbing itu seperti Raja. Apapun yang diinginkan dipenuhi karena kita ini seperti karyawan kantoran. Apa kata atasan ya dipenuhi. Ga dipenuhi ya siap-siap aja terima akibatnya.

Tau kan Raja itu seperti apa? Nyuruh tapi ga kerja.

Begitulah... mungkin cobaan dimulai dari sekarang. haha

Sudah sering sebenarnya ada teman yang bercerita tentang segala keluh kesah PhD di Taiwan, mulai dari prof nya yang seenak udel nya nyuruh2...revisi tiada henti...dsb. Tapi sebenernya aku tidak akan merasa seperti ini kalau si bapak perhatian dengan nyuruh2 aku...

Aku lebih senang disuruh dan direvisi daripada email tidak dibalas, tidak dibantu mengerjakan, tidak ada komentar apapun tentang apa yang aku kerjakan, eh tiba-tiba paper selesai dan siap submit minta jadi penulis pertama... rasanya agak kurang adil.

Aku tau dia sudah bersedia menerima ku di lab paling okeh. Aku juga senang punya pembimbing seperti dia yang sudah jadi Professor dan terkenal seantero Taiwan. Aku senang ide nya selalu fresh dan tidak dimakan usia. Bapaknya juga baik sama anak-anak lab.

Hanya saja... kadang... kesibukan nya luar biasa sehingga membuatku dan teman-teman lab kecewa.

Astaghfirullah... saatnya mungkin ini waktu dimana aku harus introspeksi. Mungkin ada sesuatu yang pernah aku lakukan salah tapi aku tidak sadar.

Semoga hal ini bisa jadi pembelajaran dimana jikalau nanti aku jadi dosen, jangan sampai melakukan hal yang sama. Jangan sampai mengakuisisi apa yang telah dilakukan capek-capek oleh seorang mahasiswa demi mengejar prestige di mata ilmuwan lainnya. Kalau memang ingin jadi penulis pertama di paper, ya silahkan asal bantulah mahasiswa hingga mencapai titik keberhasilan penulisan.
Intan Web Developer

A Wife and PhD candidate to-be in National Taiwan University of Science and Technology. Dreamer, Writer, Traveller, and Tech Addict. Like to travel everywhere and experience anything.

4 comments:

  1. wajar tan kalau PhD student digituin... di Lab ku master student udah digituin, gimana gak emosi... 80% mahasiswa master di Lab ku lulus 3 tahun. tmn2 yg masuk bareng aku aja blum pada lulus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mas adil... aku sering denger dari temen2 kita yang PhD tentang kayak gini... cuma entah kenapa aku merasa kurang adil aja. hehe

      Delete
  2. sabar ya noon ~ puk3.. emang gitu kok phd dsana cukup santer. tp juga ada kok yg bs survive and lulus.. kamu bisa non! Ganbatte ne! :* btw kl ndak salah denger dr temen labq blg, slama ide dari awal dari prof, otomatis bakal penulis nomer 1 nya bliau d paper. Dan kalo maw submit qt sbagai no 1 harus murni dari ide kita -_-" tp gpp. sapa taw kamu bs kayak temenq non, dy exchange ke amrik. satunya yg PhD jd bos d perusahaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya non... makasih ya saii... ^^ Amiiinnn...
      Aslinya ide awal banget dari aku... modelnya awal juga dari aku... dia revisi sedikit. Masalahnya apa yang dia revisi itu jadi kayak point utama. =="
      Yaudah lah... diterima aja... dijalani aja sesuai apa yang ada...
      Mungkin aku masih perlu belajar ikhlas non... :3

      Delete

Anda bisa memasukkan komentar tentang postingan di sini...Terima Kasih ^.^